Categories

Otomotif

Inilah Mobil Listrik Pertama dari Aston Martin: DBX Concept

Glenn Kaonang - 4 March 2015

Mendengar nama Aston Martin, sebagian besar dari kita pasti teringat dengan film James Bond. Pasalnya, dalam beberapa film terakhir sang agen rahasia flamboyan asal Inggris tersebut, mobil-mobil sport mewah besutan Aston Martin-lah yang dijadikan kepercayaan.

Selama perjalanannya di industri otomotif, Aston Martin dikenal dengan mobil-mobilnya yang amat keren, mengandalkan lekukan-lekukan sasis yang khas, interior serba kulit dan performa yang gahar. Namun demikian, ada yang berbeda dari salah satu mobil teranyar Aston Martin di ajang Geneva International Motor Show tahun ini.

Dinamai Aston Martin DBX Concept, mobil ini merupakan mobil listrik pertama dari pabrikan otomotif yang bermarkas di kota Gaydon, dataran Inggris ini. Meski masih berupa konsep, Aston Martin cukup percaya diri memamerkan prototipenya di atas panggung.

Di dalamnya tidak ada bilik khusus tempat mesin bensin menghuni, melainkan motor elektrik yang ditenagai oleh sel baterai lithium-sulphur. Sejauh ini belum ada informasi mendetail tentang output daya maupun jarak tempuh kombinasi motor elektrik dan baterai ini, namun yang pasti Aston Martin DBX Concept mengandalkan sistem pergerakan empat roda sehingga semua torsi yang dihasilkan dapat dikirimkan ke masing-masing rodanya.

Info menarik: 5 Mobil Mahal yang Wajib Masuk dalam Mimpi Anda

Walau membawa ide yang amat baru, Aston Martin masih mempertahankan sejumlah elemen yang telah menjadi ciri khasnya. Salah satunya adalah interior berlapis material kulit premium yang tampak kontras dengan pengaplikasian bermacam teknologi canggih pada mobil ini secara keseluruhan.

Selain motor elektrik, apa lagi teknologi canggih yang ditawarkan Aston Martin DBX Concept? Spion tanpa kaca, misalnya. Pada sisi kiri dan kanannya, sepasang kamera telah menggantikan peran cermin, dimana apa saja yang tampak di belakang mobil akan diteruskan ke dua buah layar di sisi kiri dan kanan lingkar kemudinya.

Lingkar kemudi berwujud futuristisnya sendiri dilengkapi layar sentuh di bagian tengahnya. Dan menurut The Verge, terdapat sepasang panel surya di atas jok belakangnya – kemungkinan besar berguna untuk mengumpulkan energi untuk masa-masa darurat.

Hingga detik ini belum ada rencana pasti mengenai kapan Aston Martin akan memproduksi DBX Concept secara massal. Akan tetapi, ini bisa menjadi gambaran seperti apa mobil-mobil sport mewah ke depannya – sekaligus bukti bahwa mobil listrik merupakan masa depan industri otomotif.

Berikut adalah beberapa gambar Aston Martin DBX Concept yang saya ambil dari situs resminya.

Sumber: Aston Martin via Autoblog. Sumber gambar: Aston Martin.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter