Gadget

Inilah PlayStation 4 Edisi Ulang Tahun ke-20

PlayStation awalnya merupakan proyek gabungan Sony dan Nintendo dalam menciptakan versi CD-ROM Super Famicom. Namun Nintendo memutuskan mendepak Sony, dan memilih berpartner dengan Philips tapi tetap mengusung teknologi tersebut. Presiden Sony saat itu, Norio Ohga, sangat geram dan berambisi membuat sistem permainan yang jauh lebih canggih.

Demi mengerjakan proyek besar itu, Ohga menunjuk Ken Kutaragi, seorang eksekutif yang baru saja keluar dari divisi teknik. Negosiasi antar kedua belah pihak berjalan sampai tahun 1992, dimana Nintendo menawarkan posisi pengembangan pada Sony, tapi tidak berhubungan dengan game. Sang presiden memutuskan untuk menolaknya setelah Kutaragi mengingatkan penghinaan dari Nintendo.

Bagi para fans, Ken Kutaragi adalah 'Bapak dari PlayStation', juga berperan besar dalam pembuatan PlayStation 2, PlayStation Portable dan PlayStation 3. Setelah kerja keras bertahun-tahun, akhirnya console PlayStation pertama diluncurkan pada tanggal 3 Desember 1994 di Jepang. Itu berarti tepat di minggu ini, PlayStation genap berusia dua dekade.

Untuk merayakan hari lahir ke-20-nya itu, Sony sudah menyiapkan beberapa kejutan dan acara. Berita baiknya, via internet Anda tidak perlu beranjak dari depan PC atau perangkat mobile. Konferensi pers akan dilangsungkan di Las Vegas tanggal 6 hingga 7 Desember 2014 akhir minggu ini. Dan semuanya disiarkan melalui channelTwitch PlayStation. Selain itu, Sony juga telah menyiapkan PlayStation 4 edisi spesial.

 

Info menarik: Sony Pangkas Lini Produk Mobile dan TV Untuk Fokus ke PlayStation 4?

 

Anda ingat tubuh abu-abu PlayStation pertama? Jenis warna serupa akan diberikan pada edisi ulang tahun ke-20 PlayStation 4. Ia diproduksi secara terbatas - hanya ada 12.300 unit dilepas di seluruh dunia, dan dibanderol seharga € 499. Sony belum mengungkap informasi soal bundel, bonus, dan fitur spesial yang terdapat di sana; dan kita harus bersabar hingga tanggal 6 Desember tiba.

Melalui peluncuran resmi PlayStation 4 di Indonesia Januari kemarin, Sony secara tak langsung memberikan komitmen untuk mendukung para fans lokal. Artinya, gamer Indonesia kini ialah target pasar yang patut dipertimbangkan. Dan PlayStation 4 edisi terbatas itu akan dipasarkan di sini. Harganya memang lebih mahal dibanding versi bundel (sekitar Rp 5,7 juta), yaitu Rp 7,4 juta.

Buat apa mahal-mahal membeli versi ini? Dengannya, Sony mengajak Anda menjadi bagian dari sejarah. Edisi-edisi seperti ini berbeda dari console standar. Jika PlayStation 4 nanti akan semakin murah, bayangkan versi spesial Anda dilelang hingga puluhan ribu dolar ketika PS5 atau PS6 tersedia. Pre-order rencananya segera dibuka bersamaan dengan presentasi Sony tanggal 6 Desember nanti.

Sumber: Blog PlayStation. Sumber tambahan: IGN.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter