Categories

Gadget

Inilah Produk dan Layanan Teknologi yang Akan Menarik Perhatian di Tahun 2015

Oki Rosgani - 31 December 2014

Tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2014 dan dalam beberapa saat lagi kita akan memasuki tahun baru 2015. Di tahun yang baru ini tentu saja akan ada beberapa produk teknologi yang akan menjadi perhatian para penikmat gadget.

Beberapa produk yang akan menjadi tren ini beberapa sudah pernah kami ulas, namun produk-produk ini akan mulai mencuat dan menjadi perhatian bagi konsumen pada tahun 2015 mendatang.

Selain itu, seperti biasa setiap awal tahun kita juga akan mendapatkan banyak informasi mengenai produk gadget baru melalui ajang Consumer Electronic Show (CES) di bulan Januari, menyusul kemudian ajang Mobile World Congress (MWC) yang digelar pada bulan Februari di Barcelona. Dua acara terkait teknologi ini tentu akan menambah daftar panjang produk dan teknologi terbaru dari produsen seluruh dunia untuk tahun 2015 bahkan mungkin tahun-tahun berikutnya. .

Lantas apa saja produk yang akan mulai mencuat serta tren teknologi (gadget) di tahun 2015 nanti? Berikut adalah prediksi penulis:

Apple Watch  — Jam tangan pintar yang telah diperkenalkan Apple pada bulan September 2014 lalu. Walau terbilang lambat masuk ke pasaran, Apple Watch akan menarik perhatian dengan sederet fitur seperti kemampuan untuk bisa dipadukan dengan perangkat iPhone untuk memeriksa kesehatan pengguna melalui fitur Health Apps, serta memberikan notifikasi dan informasi yang masuk melalui smartphone.

Menurut infrmasi, Apple Watch juga akan mendukung fitur Siri serta dibenami beberapa aplikasi lain seperti Calendar, Maps, Music, Apple TV & iTunes, Remote Camera, Stopwatch, Timer, Alarm, World Cock, Stock, Weather dan Photos.

 

Integrasi VR Pada Perangkat Wearable Device — Kepopuleran perangkat pintar akan semakin mencuat seiring dengan hadirnya teknologi baru yang akan dijejalkan pada perangkat ini, walaupun ada rumor mengenai ‘kematian’ Google Glass namun hal itu tidak berlaku untuk beberapa perangkat wearable seperti Oculus Rift dan perangkat sejenisnya.

Untuk perangkat wearable seperti kacamata pintar, bisa jadi perkembangan kedepannya akan disematkan fasilitas virtual reality. Selain itu sangat mungkin akan hadir perangkat sejenis Google Glass yang muncul dari vendor kompetitor, produk ini natinya bisa jadi akan dibekali juga dengan fitur tambahan secara spesifik untuk bidang tertentu.

Sedangkan untuk perangkat sejenis Oculus Rift sendiri akan mengalami banyak penambahan varian game karena produsen perangkat serupa akan semakin bertambah, terlebih ketika Facebook telah mengakuisisi Oculus Rift dan ingin menjual perangkat ini dengan harga semurah-murahnya. Sementara Samsung telah melahirkan perangkat serupa yang didukung oleh Oculus Rift, Sony juga hadir dengan Project Morpheus.

 

4K Smart TV — Produk hiburan keluarga seperti Smart TV akan semakin murah, dan hal itu akan menarik minat beli konsumen di tahun depan. Meski TV dengan resolusi 4K memiilki kelas tersendiri namun ini tidak akan menurunkan minat konsumen untuk membeli, salah satu alasan tentu saja karena teknologi ini dianggap lebih bisa memberikan pengalaman terbaik dalam menikmati televisi.

Penggunaan televisi layar lebar (atau bahkan layar lengkung) dengan kemampuan 4K akan semakin banyak digunakan tahun 2015 ini, seiring dengan munculnya produsen yang menawarkan perangkat tersebut dengan penawaran harga yang makin bersaing dan terjangkau oleh banyak kalangan.

 

Penjualan Laptop Gaming — Penjualan perangkat laptop secara umum mungkin akan menurun, namun kondisi yang menarik akan ada di laptop untuk segmen khusus, terutama untuk laptop gaming. 

Minat akan laptop ini diperkirakan akan tetap tinggi, salah satu halnya dikarenakan akan hadirnya perangkat virtual reality sejenis Oculus Rift yang menambah pengalaman bermain game dengan lebih nyata. Walaupun untuk saat ini kami tidak dapat memprediksi presentasenya secara pasti namun animo masyarakat terhadap laptop dengan spesifikasi game kemungkinan akan tetap ‘ramai’ di tahun depan.

 

Info menarik: Rangkuman berbagai peristiwa menarik di tahun 2014.

 

 

Driveless Car atau Mobil Tanpa Pengemudi — Google telah mulai merancang dan membuat kendaraan pintar sejak beberapa tahun lalu, proyek pembuatan mobil robot tanpa pengemudi itu disebutnya sebagai Google Self-Driving Car Project

Mobil seperti ini menitik beratkan pada perangkat teknologi dalam proses berkendara dan faktor keselamatan menjadi perhatian utama. Dan tahun 2015 nanti, besar kemungkinan mobil robot ini akan semakin banyak digunakan dan akan menjadi perhatian banyak orang, walau mungkin keberadaannya akan menuai pro dan kontra terkait dengan regulasi di beberapa negara.

 

Munculnya produsen Action Camera penantang Go Pro — Penggunaan kamera aksi atau action camera akan meningkat, hal ini mendorong berbagai vendor untuk merilis perangkat action camera.

Beberapa produsen yang sebelumnya tidak memproduksi perangkat ini akan ikut memproduksi perangkat kamera yang bisa digunakan untuk bergai aksi atau kegiatan. Pihak GoPro sendiri telah dikabarkan akan merilis pesawat Drone buatannya sendiri sebagai aksesori pendukung kamera aksi buatannya.

 

Smartphone Project AraSmartphone bongkar pasang atau modular phone yang dibesut Motorola dan Google itu kemungkinan akan mulai muncul tahun depan. Diprediksikan juga bahwa beberapa produsen modular phone lain akan mulai ikut melahirkan perangkat serupa.

Google ingin agar smartphone dengan konsep bongkar-pasang mirip ‘lego’ ini bisa digunakan oleh banyak orang. Untuk mewujudkan ekosistem tersebut, kabarnya harga jual hardware juga akan ditawarkan dengan harga yang relatif murah. Pihak Google juga telah memilih 100 orang yang dipilih untuk mencoba smartphone Project Ara tersebut sebelum akhirnya produk ini dirilis kepasaran pada tahun depan.

 

Peningkatan Aktifitas Belanja Online di Indonesia — Kemunculan semakin banyak toko online dengan berbagai macam promosinya akan lebih meningkatkan aktivitas belanja online di Indonesia. Terlebih ketika beberapa produk memang ditawarkan hanya melalui toko online, seperti yang telah dilakukan Xiaomi dengan memilih sejumlah toko online di tanah air untuk memasarkan produk smartphone mereka.

Karena itu, reputasi setiap toko online akan menjadi begitu penting karena di tahun depan. Masyarakat Indonesia yang mulai terbiasa dengan kegiatan berbelanja online melalui situs-situs e-commerce tanah air tentunya akan semakin pintar memilah mana toko online yang berkualitas dan mana yang kurang bagus.

 

Itulah beberapa prediksi penulis tentang produk dan layanan teknologi yang akan menjadi tren di tahun depan. Apakah Anda memiliki prediksi yang sama atau memiliki prediksi lain? Jika anda memiliki opini, jangan ragu untuk mengisinya pada kolom komentar di bawah ini.

Gambar header: 2015 via Shutterstock. Gambar e-commerce via Shutterstock. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter