Categories

Gadget

Inikah Tablet Windows Convertible Buatan Dell yang Siap Gebrak Pasar?

Oki Rosgani - 3 October 2015

Setelah merilis perangkat Ultrabook XPS 13 dan perangkat Latitude 12 Rugged Extreme Tablet sebagai perangkat tablet yang tangguh untuk bisa digunakan di segala medan, Dell tengah bersiap untuk menelurkan perangkat tablet baru untuk para profesional dengan tingkat mobilitas yang tinggi.

Microsoft sendiri tengah bersiap untuk menggelar acara pada tanggal 6 Oktober nanti, tidak hanya Microsoft tetapi para pabrikan juga ikutan bersiap, pasalnya tanggal ini dipercaya sebagai rilis resmi Windows 10 Mobile dan beberapa perangkat lain seperti Lumia terbaru.

Dell sendiri dikabarkan akan menyiapkan perangkat tablet yang bernama Dell XPS 12 9250. Menurut informasi yang dikutip dari PocketNow, akan ada dua varian perangkat tablet XPS 12 yang akan diluncurkan oleh Dell, kendati akan memiliki ukuran layar yang sama yakni 12.5 inci namun keduanya akan mengusung resolusi layar berbeda.

Varian pertama akan hadir dengan tampilan layar yang memiliki resolusi HD dengan 1080 piksel, sedangkan varian lainnya akan hadir dengan tampilan resolusi lebih tinggi yakni 4K dengan balutan panel layar IGZO besutan Sharp.

Info Menarik: Apa Saja Data yang Dikumpulkan Windows 10? Berikut Penjelasan Microsoft

Walaupun kedua perangkat tablet tersebut belum diperkenalkan secara resmi, spesifikasi dari kedua perangkat tersebut telah terkuak melalui situs WinFuture.de yang berbasis di Jerman. Dari situs itu disebutkan bahwa kedua perangkat tablet tersebut telah diracik dengan disain convertible untuk memberikan tingkat fleksibiltas serta mobilitas yang tinggi bagi penggunanya.

Dell XPS 12: hadir dengan resolusi laya 4K, prosesor Intel Core M dan berjalan dengan platform Windows 10 active Stylus | Foto: WinFuture.de

Dengan desain ini pengguna akan bisa menggunakan perangkat sebagai tablet serta layaknya laptop, karena pihak Dell telah menyediakan aksesoris keyboard tambahan yang dapat dipadukan dengan perangkat tablet tersebut.

Ada dua buah model keyboard yang dikabarkan akan disesiakan Dell sebagai aksesoris pelengkap, keyboard berukuran kecil hadir lebih ringkas dengan ketebalan hanya 1.3mm saja, sedangkan aksesoris keyboard lainnya hadir dengan ukuran yang lebih besar lengkap dengan kemampuan tombol yang dapat menyala serta tambahan area trackpad dan port USB Type-C  serta port HDMI di salah satu sisinya.

Perangkat tablet Dell XPS 12 akan diotaki dengan prosesor Intel Core M Skylake SoC yang didukung dengan RAM 4GB atau 8GB, tersedia pula beberapa opsi kapasitas penyimpanan menggunakan komponen SSD (solid state storage), serta slot kartu memory type SD sebagai opsi tambahan untuk penyimpanan datanya.

Info Menarik: Lebih Ringan dari MacBook Air, LG Gram Punya Spesifikasi Menjanjikan

Perangkat tablet berbobot 0.7kg itu kabarnya akan hadir dengan kemampuan untuk terhubung dengan jaringan WiFi serta memiliki koneksi Bluetooth 4.1, dan memiliki opsi untuk bisa terhubung dengan jaringan 4G LTE.

Beberapa hal menarik dari tablet ini yang mungkin tidak ditemukan pada kebanyakan tablet yang saat ini beredar di pasaran adalah bahwa perangkat ini akan dijejali dengan dua buah port Thunderbolt 3 dan telah mengusung port USB Type-C untuk mengisi daya sekaligus mentransfer data.

Sayangnya belum ada detail mengenai kapan perangkat tablet ini akan tersedia dipasaran begitu pun dengan harga jualnya. Meski bisa jadi tidak terlalu berhubungan dengan event tanggal 6 Oktober nanti, karena Windows 10 sendiri telah dirilis sejak beberapa waktu lalu, namun bisa jadi kita akan mendengar kabar lanjutan tentang perangkat dari Dell ini setelah gelaran Microsoft tanggal 6 Oktober nanti.

Sumber: PocketNow | Gambar Header: WinFuture.de.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter