Categories

Internet

Beginilah Tampilan Situs Google.com Jika Gunakan 'Material Design'

Oki Rosgani - 6 December 2014

Google telah merilis sistem operasi Android 5.0 Lollipop, sistem operasi mobile terbaru yang dibesut Google itu telah memberikan nuansa baru dengan menghadirkan tampilan yang disebut sebagai 'Material Design'.

Material Design memiliki tampilan yang lebih berwarna dengan sentuhan yang terlihat lebih datar dan sederhana, dipadu dengan efek bayangan pada setiap ikon-nya membuat tampilan Android 5.0 Lillipop terlihat lebih simple namun elegan.

Pihak Google telah mengimplementasikan tampilan ini pada beberapa layanan aplikasinya misalnya saja Gmail atau Google Calendar. Aplikasi ini mengalami peningkatan fitur serta menggunakan tema warna Material Design di dalamnya, sehingga ketika aplikasi ini dijalankan pada perangkat Android yang berjalan dengan sistem operasi Androoid 5.0, aplikasi menjadi terlihat lebih selaras dan konsisten.

Bagaimana kira-kira jika tampilan Meterial Desing ini diimplementasikan ke situs Google.com? Seorang desainer grafis bernama Aurélien Salomon telah mencoba membuat sentuhan Material Design untuk situs portal mesin pencari tersebut yang kemudian ditampilkan oleh situs Co.Design.

Tampilan situs Google.com yang telah diubah oleh Aurélien telah memberikan nuansa baru bagi pengguna, walaupun saat ini tampilan itu hanya merupakan sebuah desain gambar dan tidak berfungsi seperti layaknya layanan Google.com.

Gambar di bawah ini menampilkan beberapa disain situs Google.com yang telah diubah oleh Aurélien dengan sentuhan Material Design, bagaimana menurut Anda, keren bukan?

 

 

Info menarik: Google reCAPTCHA Akan Lebih ‘Manusiawi’ Dibanding CAPTCHA Biasa

 

Bukan Hanya Android Tampilan ikon flat dengan warna-warni yang lebih cerah sebelumnya telah digunakan juga oleh Apple sejak hadirnya platform iOS 7, Apple menyebutnya dengan Flat Design karena ikon aplikasi yang muncul memang terlihat lebih datar tanpa efek 3D seperti yang terlihat pada iOS versi 6 ke bawah.

Sedangkan BlackBerry juga kini telah melakukan perubahan serupa pada platform BlackBerry OS 10.3 yang baru saja digulirkan belum lama ini, tampilan antarmuka BlackBerry OS 10.3 juga memiliki tampilan ikon yang lebih datar dan lebih berwarna.

Sementara itu produsen smartphone asal Tiongkok, Xiaomi juga telah menerapkan disain sejenis pada antarmuka MIUI versi 6 sehingga kini tampilan MIUI v.6 lebih terkesan mirip iOS 7/iOS 8 milik Apple.

Platform Windows Phone sepertinya yang telah lebih dulu mengimplementasikan tampilan ikon warna-warni dan desain lebih datar seperti ini, Microsoft menyebut antarmuka miliknya itu sebagai Microsoft design language atau yang sempet dikenal dengan Metro karena bentuk kotak-kotak yang mirip dengan tegel. Antarmuka ini juga telah diterapkan Microsoft pada Windows 8, sehingga sekilas kita bisa melihat kesamaan tampilan antara Windows Phone untuk smartphone dan Windows 8.x untuk desktop.

Sumber: BGR | Gambar Header: Dribbble.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter