Categories

Mobile

Inilah Tampilan Windows 10 untuk Ponsel

Puja pramudya - 14 February 2015

Versi technical preview Windows 10 untuk ponsel baru saja diluncurkan oleh Microsoft beberapa waktu yang lalu. Tanpa menunggu lagi, kami mencoba untuk melakukan proses update dan berhasil mendapatkan update dengan menggunakan smartphone Lumia 730. Berikut ini kesan awal ketika menjajal sistem operasi teranyar Microsoft ini.

Pilihan Quick Action Pada Action Center Yang Lebih Banyak

Jumlah Quick Action saat ini menjadi lebih banyak. Kita bisa menemukan tombol expand yang dapat dipilih pengguna untuk menampilkan keseluruhan pilihan. Jika sebelumnya kita hanya maksimal dapat menempatkan 4 Quick Action sekarang sudah tersedia total 12 Quick Action.

Kalau boleh jujur, saya sendiri lebih suka tampilan yang sebelumnya dimana pilihannya hanya sedikit. Namun, Microsft pasti punya alasan untuk menambah lebih banyak tampilan Quick Action tersebut.

 

Interaksi Langsung Pada Notification Center

Notifikasi Windows 10 dirancang lebih interaktif dimana pengguna dapat leluasa memperoleh pemberitahuan dari berbagai aplikasi dan langsung melakukan aksi saat itu juga. Kami mencoba melihat bagaimana pengalaman membalas pesan singkat langsung dari notification center.

Ketika sebuah pesan hadir, terdapat tombol panah untuk meng-expand pilihan aksi terhadap suatu notifikasi. Pada konten pesan singkat, langsung menampilkan tampilan balas pesan dan kita dapat segera mengetik balasan pesan tersebut. Tersedia juga pilihan untuk membalas melalui speeh-to-text.

 

Perubahan Tampilan Menu Setting

Perubahan yang langsung kami sadari adalah tampilan menu Setting. Sebelumnya tampilan menu Setting bersifat monokrom dan kurang terorganisir. Pada Windows 10, tampilan Setting menjadi lebih sedikit berwarna dan lebih terstruktur dengan baik.

 

Info menarik: Technical Preview Windows 10 untuk Ponsel Sudah Bisa Dijajal

 

 

Seluruh opsi terkait jaringan seperti Cellular, Wifi dan Airplane Mode digabung menjadi satu menu Network & Wireless. Pengaturan terkait background dan lockscreen disatukan ke dalam menu Personalisasi. Secara navigasi hal ini sangat memudahkan pengguna.

 

Perubahan Tampilan Aplikasi Photo

Perubahan tampilan langsung terasa juga saat membuka aplikasi Photo. Sekarang aplikasi ini menggunakan menu samping (burger menu) untuk navigasi. Pada halaman utama semua foto digabung menjadi satu timeline. Untuk berpindah tidak melalui menu Pivot, melainkan menu Folder pada sisi kiri.

Seperti yang dapat diduga, versi build ini masih terdapat kekurangan. Setidaknya ada dua hal yang saya rasakan. Pertama, pada perangkat Lumia 730, yang secara spesifikasi sudah cukup baik, sistem berjalan sedikit laggy. Perpindahan dari menu Start ke menu Application List sedikit ‘tersendat’ begitu juga ketika melakukan scroll Start Screen ke bawah.

Kemudian entah kenapa pada saat ingin menulis pesan, tampilan keyboard tidak menampilkan daftar huruf melainkan ruang kosong yang kalau ditekan ternyata tetap berfungsi. Seakan-akan daftar hurufnya menghilang namun sebenarnya masih berada disana.

Demikian hasil intipan perdana kami terhadap sistem operasi terbaru Microsoft ini. Tentu saja perlu diingat kalau versi ini adalah versi awal, dan Microsoft masih terus mengumpulkan umpan balik dari pengguna awal yang terdaftar Windows Insider Program serta telah mencoba Windows 10 di ponsel pintar mereka, untuk memoles dan memperbaiki sebelum merilisnya untuk publik.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter