17 July 2014

by Yoga Wisesa

InkCase Plus, Casing Smartphone Dengan Teknologi E Ink Sebagai 'Layar Kedua'

Ada banyak alasan mengapa layar E Ink yang dipionirkan oleh MIT Media Lab lebih unggul dibanding LED yang menjadi standar dalam smartphone modern. E Ink tidak menguras baterai, ia selalu aktif, dan merupakan layar terbaik untuk membaca. Sayangnya saat ini kita tidak bisa memilih, dan LED memang teknologi layar paling umum dan atraktif.

Sebuah alternatif ditawarkan oleh tim developer Oaxis. Untuk sekarang konsumen memang tidak bisa memilih jenis layar yang ada di dalam produk handset terbaru, namun mereka bisa melengkapi perangkat tersebut dengan InkCase Plus. Ia adalah sebuah casing untuk perangkat Android dengan layar tambahan berteknologi E Ink yang modular.

Selain dapat menampilkan visual layar handset Android Anda dalam tampilan hitam-putih, InkCase Plus adalah sebuah device mandiri dan pengguna bisa menginstal berbagai app di dalamnya. Aksesori tambahan ini bekerja layaknya smartband yang terkoneksi dengan smartphone.

Selain dari beberapa keunggulan yang sudah disebutkan di atas, InkCase Plus menawarkan proteksi tambahan bagi perangkat pintar Anda. Pengguna tinggal menyelipkan display kedua itu ke dalam FitCase. Kemudian Anda juga bisa mengkustomisasi penampilan di layarnya dengan maksimal 10 buah gambar favorit.

 

Info menarik: Casing Underwater Untuk Lumia 1020

 

Pengguna tetap bisa membaca buku-buku elektronik langsung dari InkCase Plus tanpa mengorbankan baterai smartphone. Berkat teknologi E Ink, tulisan dapat terbaca jelas bahkan jika Anda berada di bawah teriknya matahari siang. Bagi mereka yang sangat gemar membaca buku, baterai InkCase Plus baru akan habis dengan pemakaian intens selama 19 jam - atau setara dengan 3.400 halaman dalam satu kali isi ulang.

Untuk para atlet dan olahragawan, InkCase Plus juga bisa menjadi perangkat tambahan yang handal. Anda tidak perlu khawatir smartphone akan terkena panas, debu, cipratan air atau keringat. Simpan handset Anda di dalam tas (atau kantong anti-air), lalu akses aplikasi yang Anda butuhkan dari InkCase Plus - baik app fitness, GPS atau app khusus bersepeda.

InkCase Plus mampu mengarahkan panggilan telepon tanpa perlu menyentuh smartphone. Anda bisa melakukan atau menerima panggilan melalui device ini, serta mengetahui notifikasi baik dari SMS, missed call, sosial media, dan aplikasi messenger. InkCase Plus juga dapat mengingatkan pengguna jika baterai handset utama akan segera habis.

Sebagai fitur tambahan, Anda dapat memanfaatkan InkCase Plus untuk mengontrol aplikasi musik. Ia akan menampilkan cover album (dalam hitam-putih) saat Anda sedang memilih lagu. Anda tetap bisa mengontrol musik saat sedang membaca e-book. Tanpa bagian FitCase, InkCase Plus memiliki bobot yang ringan, hanya 45 gram dan ketebalan 5 milimeter.

 

Info menarik: Spy Cam Peek-I Memungkinkan Anda Mengambil Foto Tanpa Ketahuan

 

InkCase Plus tersambung dengan koneksi Bluetooth ke perangkat pintar Anda. Ia diusung menggunakan frame aluminium berdensitas tinggi dan layar dengan tingkat kekerasan 5 skala Mohs. Baterai berkapasitas 500mAh di dalamnya menawarkan waktu stand-by hingga tujuh hari. Anda bisa melihat spesifikasi lengkapnya di bawah ini.

Dari laman Kickstarter mereka, Oaxis menawarkan satu set InkCase Plus seharga US$ 99 untuk para backer. Mudah-mudahan saja harga versi konsumen umumnya tidak terlalu jauh berbeda.

Sumber: Kickstarter.