1. Startup

InMobi Tahun Ini Seriusi Pasar "Mobile Advertising" Indonesia, Masuki Sektor E-Commerce

Menyiapkan investasi $50 juta meski belum jelas langkah konkretnya

Penyedia platform pencarian dan periklanan mobile, InMobi hari ini mengumumkan sejumlah rencana di Indonesia. InMobi tahun ini berencana untuk berinvestasi di Indonesia dengan nilai $50 juta meskipun tidak ada penjelasan langkah konkret tentang apa yang ingin dilakukan. Indonesia merupakan negara pertama di Asia Tenggara yang menjadi target pasar untuk pengembangan platform mobile advertising dan dinilai memiliki potensi yang cerah.

“Kami mulai masuk ke Indonesia 7 tahun yang lalu dan sejak saat itu jangkauan platform yang mengedepankan mobile kami telah mampu mendorong inovasi dan menawarkan pengalaman iklan yang unik kepada konsumen untuk menemukan berbagai produk dan layanan baru melalui perangkat mobile mereka,” kata CEO InMobi Naveen Tewari saat acara temu media.

Sebelumnya pada bulan Agustus 2016 lalu InMobi telah meluncurkan platform remarketing untuk membantu optimalkan pemasaran mobile. Platform remarketing ini nantinya diharapkan mampu menghadirkan pengalaman berbelanja yang telah dipersonalisasi memanfaatkan analisis big data, desain kreatif dan back end yang terintegrasi.

Selama ini InMobi telah berhasil membawa lebih dari 850 publisher ke dalam jaringannya di Indonesia. Jaringan tersebut sudah mencapai hampir 90% dari total pengguna smartphone di Indonesia, atau sekitar 69,1 juta perangkat mobile. Berdasarkan data InMobi, kampanye mobile di Indonesia telah tumbuh dua kali lebih besar sepanjang tahun 2016 saja.

“Kami ingin membuktikan bahwa iklan melalui di televisi sudah tidak relevan lagi, dengan mencoba mengajak lebih banyak advertiser hingga publisher untuk memanfaatkan mobile untuk kegiatan branding, engagement dan awareness semua brand secara mobile,” kata Naven.

Menargetkan pasar e-commerce di Indonesia

Selain sektor existing seperti FMCG, Telko, dan media, InMobi saat ini juga tengah mengincar pasar e-commerce dengan menampilkan layanan yang diklaim relevan dengan fitur terbaru seperti Location-Based Marketing dan lainnya.

Saat ini InMobi telah membantu mendorong lebih dari 50 ribu transaksi untuk pemain di industri commerce selama musim promosi khusus belanja online 11.11 (November) dan 12.12 (Desember) tahun 2016 lalu. Dengan memberikan nilai keuntungan yang tinggi (Return on Ad Spent/ RoAS of 5) untuk para pemain di industri commerce pada kuartal terakhir, InMobi telah menjadi salah satu mitra terbesar mobile remarketing bagi para pengiklan.

“Kami percaya bahwa industri mobile marketing akan mengalami pertumbuhan yang positif di Indonesia, sehingga mendorong pemain-pemain yang ada untuk menata kembali praktek beriklan dengan cara yang benar-benar bermanfaat bagi para pengguna. Kami senang dapat memimpin perubahan ini,” kata Naveen.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again