Teknologi pada smartphone terus berkembang, dari mulai menyempurnakan sejumlah fitur yang sudah ada, hingga inovasi-inovasi baru yang menjanjikan pengalaman ‘ber-smartphone’ secara keseluruhan yang lebih baik.

Tercatat, ada lima fitur yang menyita perhatian kami dan bakal lebih banyak kita jumpai dalam 12 bulan ke depan. Apa saja?

1. Standar Univisium 2:1

inovasi-teknologi-terbaru-smartphone-1
Sumber foto: LG.com

Dimulai dari LG G6 dengan rasio layar 18:9 yang disebut FullVision Display, lalu Samsung Galaxy S8 dengan Infinity Display (18.5:9), kemudian hadir di berbagai smartphone dengan istilah FullView Display. Apapun namanya, aspek rasio tersebut tak lain adalah standar Univisium 2:1, artinya tingginya dua kali lebar.

Keunikan format yang memanjang ini ditopang bezel tipis, memungkinkan para produsen membuat smartphone dengan layar lapang tanpa memperbesar body dan juga tampil futuristik. Konten yang ditampilkan juga lebih banyak 12 persen, sehingga menawarkan pengalaman baru dalam gaming dan menikmati konten video.

2. Refresh Rate 120Hz

inovasi-teknologi-terbaru-smartphone-2
Sumber foto: Razerzone.com

Umumnya perangkat mobile saat ini masih menggunakan standar refresh rate 60Hz. Lalu, refresh rate 120Hz menyambangi iPad Pro baru yang Apple sebut sebagai ProMotion Display yang menjanjikan tampilan lebih mulus dan realistis.

Ya, perangkat ponsel pertama yang mengadopsi teknologi ini adalah smartphone gamingRazer Phone. Jika pada iPad Pro untuk pengalaman menggambar dengan stylus lebih nyata, Razer Phone menampilkan grafis yang jauh menakjubkan untuk meningkatkan pengalaman gaming. Salah satu game yang sudah mendukung tampilan 120Hz adalah game MOBA Vainglory.

3. Teknologi e-SIM 

inovasi-teknologi-terbaru-smartphone-3
Sumber foto: Blog.google

Teknologi kartu SIM yang diubah menjadi elektronik juga merupakan salah satu teknologi inovasi smartphone terbaru. Contoh smartphone yang sudah mengadopsi adalah Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL, jadi bisa digunakan tanpa kartu SIM karena bentuknya yang jadi elektronik. Sebagai catatan, karena teknologi ini masih baru, operator seluler di Indonesia sendiri belum beralih ke teknologi e-SIM.

4. Perekaman Video 4K 60fps

inovasi-teknologi-terbaru-smartphone-4
Sumber foto: Apple.com

Biasanya kita harus memilih, ingin merekam video dalam format 4K tapi hanya sebatas pada 30fps atau format 1080p pada 60fps. Keuntungan semakin tinggi nilai FPS, maka semakin halus pergerakan dalam video yang dihasilkan.

iPhone X adalah smartphone pertama yang mampu merekam video 4K pada 60fps tanpa batasan waktu. Sebagai catatan, kebanyakan smartphone premium saat ini hanya mampu merekam video 2160p (4K) pada 30fps, termasuk Samsung Galaxy Note 8 dan LG V30.

5. Chipset AI

inovasi-teknologi-terbaru-smartphone-5
Sumber foto: Apple.com

Saat ini kita mungkin belum benar-benar merasakan manfaat dari teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).  Tapi para pakar dan perusahaan teknologi bekerja keras mengembangkan teknologi AI, sebut saja Huawei yang sudah mencuri start dengan mengumumkan chipset Kirin 970 dan Apple dengan chipset A11 bionik pada iPhone X.

Itulah lima teknologi inovasi smartphone terbaru yang akan mengubah cara kita menggunakan smartphone dan, tentu saja bakal semakin banyak kita jumpai dalam 12 bulan di tahun 2018 mendatang dalam perangkat yang dirilis di pasar. Tentunya akan menarik melihat bagaimana adopsi pengguna serta strategi yang akan digunakan oleh para pabrikan untuk mengadirkan perangkat yang paling seru.

Koreksi: Perbaikan judul tanpa mengubah isi artikel. 

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.