31 March 2016

by Glenn Kaonang

Inrix Traffic Siap Tantang Waze dengan Teknologi Machine Learning

Dapat mempelajari pola mengemudi pengguna serta mengamati isi kalender untuk menyajikan petunjuk navigasi secara optimal

Waze selama ini menuai popularitas karena aspek personalisasinya yang apik dalam memberikan panduan navigasi berbasis GPS, ditambah update informasi lalu lintas yang berasal dari komunitas. Namun sekarang ada penantang baru yang berpotensi merebut hati pengguna setia Waze, Inrix Traffic namanya.

Inrix sendiri sebenarnya sudah sangat berpengalaman dalam mengembangkan teknologi navigasi bersama sejumlah pabrikan otomotif, dan mereka juga sudah mempunyai aplikasi mobile sejak lama. Akan tetapi versi terbaru dari Inrix Traffic ini menyimpan fitur yang sangat menarik, yakni kemampuan mempelajari pola mengemudi pengguna berbekal teknologi machine learning.

Setiap rute yang Anda ambil, lokasi yang Anda tuju dan waktu keberangkatannya akan dikumpulkan dan dianalisa oleh Inrix Traffic. Jadi ketimbang memberikan petunjuk navigasi berdasarkan rute yang paling efisien, Inrix juga akan mempertimbangkan faktor lain seperti misalnya rute favorit Anda, yang mungkin saja mencakup jalan-jalan kecil guna menghindari titik-titik macet.

Semua lokasi yang pernah Anda kunjungi akan disimpan secara otomatis oleh Inrix. Daripada mengharuskan Anda untuk menginput alamat secara manual, Inrix akan menampilkan petunjuk navigasinya sesuai dengan rutinitas Anda. Misalnya, kalau Anda sering mengunjungi gym setiap Rabu malam, Inrix akan mengingatkan Anda di waktu yang tepat sekaligus menampilkan petunjuk navigasinya.

Aplikasi ini juga cukup pintar untuk mengamati isi kalender Anda, lalu merencanakan panduan navigasi berdasarkan jadwal acara Anda, mirip seperti yang ditawarkan Waze 4.3. Sama seperti Waze yang mengandalkan data dari komunitas, Inrix juga menyajikan informasi lalu lintas sekaligus ramalan cuaca yang dikumpulkan dari sekitar 275 juta pengguna layanan Inrix di seluruh dunia. Faktor yang membedakan Inrix adalah database petanya berasal dari OpenStreetMap.

Kalau Anda sudah cukup lama mendambakan alternatif dari Waze yang berfitur serupa, atau bahkan lebih lengkap, Inrix Traffic bisa didapatkan secara cuma-cuma di iOS atau Android.

Sumber: GeekWire dan Inrix Blog.

Application Information Will Show Up Here