Insta360 Pro Adalah Kamera 360 Derajat dengan Sertifikasi Google Street View

Insta360 Pro Adalah Kamera 360 Derajat dengan Sertifikasi Google Street View

Pasangkan di atap mobil, maka Anda siap mengambil gambar Street View versi Anda sendiri
Insta360 Pro / Insta360
Insta360 Pro / Insta360

Bulan lalu, Wired melaporkan bahwa Google telah memperbarui kamera yang mereka gunakan untuk mengambil gambar Street View. Kamera-kamera yang dipasang di atas mobil itu terakhir diperbarui pada tahun 2009, jadi bisa Anda bayangkan sendiri peningkatan kualitas gambar Street View yang dihasilkan sekarang.

Selain kualitas gambar, hal lain yang perlu diperhatikan Google tentu saja adalah faktor kelengkapan; atau dengan kata lain, Street View dapat mencakup semua area, bahkan sampai gang terkecil sekalipun. Untuk itu, pada bulan Mei lalu Google sebenarnya sudah meluncurkan standar sertifikasi Street View untuk kamera 360 derajat dari pihak ketiga.

Ini berarti pabrikan dapat mengembangkan kamera 360 derajat yang memenuhi standar spesifikasi, kualitas dan akurasi yang ditetapkan Google, yang kemudian dapat dipakai oleh siapapun untuk mengambil gambar Street View dari perspektifnya sendiri. Salah satu kamera pertama yang mengantongi label “Street View Ready” tersebut datang dari Insta360.

Insta360 Pro

Dinamai Insta360 Pro, jelas sekali kamera ini bukan ditujukan untuk semua kalangan konsumen. Ia dibekali total enam lensa fisheye, dan sanggup menghasilkan foto atau video 360 derajat beresolusi 7680 x 3840 pixel. Foto-foto tersebut, seperti yang sudah disinggung, dapat diunggah menggunakan aplikasi Street View untuk diverifikasi oleh tim Google, sebelum akhirnya muncul di Google Maps, Google Earth maupun Street View itu sendiri.

Selebihnya, kamera ini menawarkan kapabilitas yang lebih superior ketimbang mayoritas kamera 360 derajat untuk konsumen umum. Fungsi live streaming misalnya, dapat dilakukan dalam resolusi 4K. Lalu kalau Anda dari dulu bermimpi untuk menciptakan video 360 derajat slow-motion, Insta360 Pro siap melakukannya dalam kecepatan 120 fps.

Insta360 Pro

Singkat cerita, selama Anda punya dana sebesar $3.500 untuk meminang Insta360 Pro, Anda pun bisa menciptakan gambar Street View versi Anda masing-masing. Sebagai bonus, kamera tersebut merupakan kamera 360 derajat kelas profesional dengan kemampuan di atas rata-rata.

Sumber: The Verge dan Insta360.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…