6 December 2017

by Bambang Winarso

Instagram Hadirkan Ruang Simpan dan Cara Berbagi Baru untuk Stories Lawas

Fitur Archive dan Highlights dihadirkan secara global untuk pengguna iOS dan Android

Instagram merilis dua buah fitur baru untuk Stories, yaitu Archive dan Highlight. Dua fitur baru ini dirancang untuk mencegah foto atau video yang dibagikan melalui Stories agar tidak terhapus selamanya. Digulirkan untuk Android dan iOS, kedua fitur secara perlahan akan menyambangi seluruh pengguna Instagram.

Fitur yang pertama, Archive merupakan fitur yang bekerja secara pasif dan otomatis. Artinya, saat fitur ini sudah diaktifkan, pengguna tidak perlu melakukan apapun untuk memanfaatkan fungsinya, karena Archive akan secara otomatis menampung Stories yang sudah melewati batas 24 jam.

Sebuah tombol nantinya ditambahkan ke dalam profil semua pengguna, di mana mereka dapat melihat, mengedit dan membagikan kembali semua Stories yang sudah kadaluarsa. Tetapi jika Anda tidak menginginkan Stories dimasukkan ke dalam arsip, Anda dapat dengan mudah menon-aktifkan fitur ini melalui pengaturan.

Fitur kedua bernama Highlight, sebuah tool yang menawarkan tempat baru bagi Stories-Stories terbaik atau yang sudah masuk ke dalam arsip. Praktisnya, dengan fitur ini Anda dapat membuat koleksi Stories lama bertema sama, misalnya Stories saat sedang liburan, sedang reuni, sedang belanja dan lain-lain. Berbeda dengan Stories standar, kumpulan Stories di panel Highlight hanya akan hilang jika dihapus oleh pengguna, jika tidak ia akan selalu muncul di atas profile pengguna.

Pengguna diperbolehkan menyimpan hingga 100 foto atau video ke dalam sebuah Story Highlight. Jika pengguna menambahkan Stories baru ke dalam Highlight yang sudah penuh, maka foto atau video pertama akan dihapus dan dimasukkan ke dalam Archive. Sedangkan jumlah Highlight yang boleh dibuat untuk saat ini tidak ada batasan.

Sebelumnya, pengguna mempunyai opsi untuk mengunduh Stories agar tak benar-benar terhapus dari Instagram. Hal ini ternyata menjadi kekhawatiran bagi Instagram, karena tidak semua orang mempunyai perangkat dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Kehadiran fitur Archive dan Highlight diharapkan dapat menghindarkan pengguna dari problem memori dan juga konsumsi data.

Sumber berita Instagram dan gambar header Pixabay.