Foto-foto pertama yang kita unggah ke Instagram kerap terkesan memalukan. Entah karena fotonya nge-blur, pose duck face-nya terlalu parah, atau alasan lain yang pada akhirnya membuat kita sangat tergoda untuk menghapusnya. Terlepas dari kekurangan-kekurangan itu, yang namanya pertama pasti menyimpan kenangan tersendiri, belum lagi ditambah like dan komentar yang diterimanya.

Anda tidak mau profil Anda ‘dirusak’ oleh foto-foto jelek itu, tapi di saat yang sama Anda ingin menyimpannya sebagai kenang-kenangan, mengabadikan memori bahwa Anda tidak langsung jago foto seperti sekarang saat pertama mendaftar akun Instagram. Lalu apa solusinya? Manfaatkan fitur terbaru Instagram: Archive.

Instagram Archive

Archive pada dasarnya memungkinkan Anda untuk memindahkan foto atau video yang pernah Anda unggah ke suatu tempat khusus yang hanya bisa dilihat oleh Anda seorang. Usai dipindah, foto dan video itu tak akan lagi muncul di profil. Namun berbeda dengan Delete, foto dan video itu tidak hilang selamanya.

Kapanpun Anda ingin melihat foto dan video yang sudah di-archive, Anda tinggal mengklik icon baru yang muncul di ujung kanan atas profil Anda. Bukan cuma foto dan videonya saja, bahkan like dan komentarnya juga tetap ikut disimpan dan bisa Anda lihat dari tempat yang sama.

Instagram Archive

Lalu seandainya Anda berubah pikiran dan hendak memunculkan kembali foto atau video tersebut di profil, tinggal pilih opsi “Show on Profile”, maka ia akan muncul persis di tempat asalnya. Daripada menyesal karena sudah mengklik Delete, Archive jelas merupakan opsi yang lebih aman dengan fungsi yang hampir sama.

Archive saat ini sudah bisa dinikmati baik di perangkat Android maupun iOS lewat aplikasi Instagram versi 10.21 atau yang lebih baru.

Sumber: Instagram. Gambar header: Pexels.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.