18 September 2017

by Glenn Kaonang

Pengguna Instagram Kini Tak Perlu Menyalakan Audio pada Satu per Satu Video yang Ditonton

Cukup tap satu kali, maka audio akan aktif pada semua video yang ditonton sampai pengguna keluar dari aplikasi

Secara default, semua konten video di Instagram akan diputar secara otomatis, namun dengan audio dalam posisi mute. Untuk mendengarkan audionya, setiap video perlu di-tap terlebih dahulu. Cara ini bisa menguntungkan tapi bisa juga tidak bergantung pada situasinya.

Baru-baru ini, Instagram rupanya telah menerapkan pembaruan secara diam-diam. Pembaruan ini dimaksudkan supaya pengguna tidak harus direpotkan setiap kali hendak menikmati video beserta audionya di Instagram. Kendati demikian, Anda yang kerap curi-curi membuka Instagram di waktu kerja tak perlu khawatir pembaruan ini bakal berimbas buruk pada kebiasaan yang juga bisa digolongkan buruk tersebut.

Jadi ketika Anda membuka Instagram, video masih akan diputar secara otomatis tanpa suara. Namun ketika video di-tap agar audionya ikut diputar – yang ditandai oleh pergantian icon speaker di ujung kiri bawah – audio pada semua video lainnya bakal ikut diputar dengan sendirinya sampai Anda keluar dari aplikasi.

Selanjutnya, ketika Anda kembali membuka Instagram, autoplay video masih akan berjalan dengan audio dalam posisi mute seperti biasa, dan Anda tinggal mengulangi cara baru tersebut. Kapanpun pengguna mau, video dapat di-tap untuk kembali mematikan audionya, dan terus aktif ke video-video berikutnya sampai pengguna menyalakannya kembali.

Instagram mengakui bahwa harus menyalakan audio pada satu per satu video bisa membuat pengguna frustasi. Namun di saat yang sama, mereka tidak mau pengguna dibuat kaget oleh video yang diputar secara otomatis beserta audionya, yang bakal sangat mengganggu ketika pengguna berada di tempat umum, semisal perpustakaan.

Dengan cara baru ini, pengguna hanya perlu menyentuh video satu kali untuk menyalakan audionya sekaligus audio pada video-video lain yang ditonton selanjutnya, tidak lagi satu per satu seperti sebelumnya. Lalu pengaturannya akan kembali seperti semula ketika pengguna menutup aplikasi.

Sumber: TechCrunch. Gambar header: Pixabay.