31 January 2018

by Bambang Winarso

Instagram Bisnis Sudah Bisa Bikin Postingan Terjadwal via Hootsuite

Instagram meluncurkan 3 fitur baru untuk akun bisnis, salah satunya membuat postingan terjadwal

Pengguna bisnis di aplikasi Instagram kembali mendapatkan lebih banyak fleksibilitas dengan mendapatkan dukungan baru melalui pembaruan Graph API (application-programming interface) yang ditujukan untuk mitra Facebook dan Instagram.

Dengan perubahan baru itu, pengguna bisnis di Instagram dapat melakukan tiga hal lebih banyak dari pengguna biasa, antara lain: Membuat postingan terjadwal, melihat pos publik di mana mereka dimention atau ditandai dan melihat profil bisnis lainnya.

Sayangnya, dukungan resmi untuk penjadwalan posting tidak mencakup iklan dan juga tidak tersedia secara langsung di dalam aplikasi Instagram sendiri, melainkan ditambahkan ke API Instagram - yang berarti aplikasi media sosial seperti Hootsuite, Sprout Social atau SocialFlow sekarang memiliki akses ke fitur baru tersebut langsung melalui API yang disediakan. Instagram mengatakan API tersedia untuk semua mitra pemasaran Facebook dan Instagram.

Pembaruan lainnya ke Graph API Instagram hari ini meliputi Business Discovery yang memungkinkan pengguna melihat info profil bisnis lain, dan Mention, yang memungkinkan profil bisnis melihat pos di mana mereka telah ditandai.

Hootsuite dalam rilis persnya mengatakan fitur ini adalah opsi yang paling banyak diminta oleh pengguna. Dengan bergabungnya Instagram, berarti pengguna dapat menjadwalkan postingan di semua jaringan yang didukung secara sekaligus, termasuk Facebook, Twitter, YouTube, LinkedIn, Google+, dan sekarang Instagram.

Hootsuite juga mengatakan Instagram adalah salah satu jaringan dengan pertumbuhan tercepat. Rata-rata setiap bulannya ada dua juta foto dan video dibagikan oleh pengguna. Menambahkan opsi penjadwalan, kemungkinan akan mendorong pertumbuhan ekstra di level bisnis. Statistik terakhir menyebutkan Instagram memiliki 25 juta akun bisnis, bertambah 10 juta selama rentang waktu hanya beberapa bulan saja.

Sumber berita Instagram, Theverge dan Hootsuite, gambar header Oursocialtimes.