24 October 2016

by Glenn Kaonang

Instagram Dikabarkan Sedang Menguji Fitur Live Video

Kalau benar, fitur akan diintegrasikan dengan Instagram Stories

Sebuah rumor terbaru mengatakan bahwa Instagram tengah menguji fitur live video. Kabar ini didapat dari situs asal Rusia, T Journal, yang mengunggah sepasang screenshot guna memperkuat validitas rumor tersebut.

Dari penjelasan dan screenshot yang ada, tampak bahwa fitur live video ini bakal diintegrasikan ke dalam Instagram Stories. Pada gambar di bawah, bisa kita lihat kehadiran banner "LIVE" tepat di atas icon Instagram Stories yang paling kiri.

Tap icon tersebut, maka akan ditampilkan sejumlah live video yang sedang populer / T Journal

Seorang pengguna tidak sengaja menemukan fitur ini ketika sedang membuka aplikasi Instagram versi beta di ponsel Android-nya. Saat icon dengan banner LIVE tersebut diklik, Instagram akan menampilkan sejumlah live video yang sedang populer. Namun untuk sekarang, berdasarkan pengakuan sang pengambil screenshot, hasil yang didapat malah error.

Hal ini bisa dimaklumi seandainya benar fitur tersebut masih dalam tahap uji coba. Instagram sendiri menolak untuk berkomentar ketika ditanya mengenai ini.

Tombol "Go Insta!" ini sepertinya akan memulai live broadcast / Instagram

Screenshot yang kedua kian memperkuat rumor ini, dimana terdapat tombol besar berlabel "Go Insta!", yang jika diklik sepertinya bakal memulai live broadcast. Namun yang menjadi pertanyaan terbesar adalah, mengapa perlu ada fitur live video di Instagram kalau Facebook sudah punya sendiri?

Well, mungkin Facebook menilai Instagram punya porsi audiens sendiri. Alasan kedua, live video akan semakin mematangkan konsep di balik Stories, yang pada dasarnya mengajak pengguna untuk berbagi momen terkininya kepada dunia, apalagi setelah kehadirannya di tab Explore baru-baru ini

Sumber: The Verge. Gambar header: Pixabay.