Sebagai pemilik WhatsApp dan Instagram, tak mengherankan bila jejaring sosial raksasa Facebook mencoba mengaitkan kedua layanan lewat integrasi yang memanjakan pengguna setianya. Dilaporkan oleh Techcrunch, Facebook telah mengonfirmasi bahwa pihaknya sedang melakukan pengujian yang memungkinkan pengguna memposting Instagram Stories langsung ke WhatsApp sebagai Status. Artinya, Instagram Stories dan WhatsApp Status bakal menayangkan cerita yang sama di hari itu dan akan sama-sama hilang setelah 24 jam.

Sebagai pengingat, fitur Instagram Stories dan WhatsApp Status sejatinya mengusung konsep yang sama, di mana pengguna bisa menampilkan foto ataupun video yang bisa dibubuhi teks atau stiker. Postingan ini akan tampil selama 24 dan terhapus dengan sendirinya.

Facebook tak mengungkapkan banyak hal selain konfirmasi secara halus melalui pernyataan resmi yang diberikan kepada Techcrunch. Konfirmasi ini juga mengindikasikan bahwa pengujian hanya melibatkan sebagian kecil pengguna – seperti di serial pengujian sebelumnya.

Techcrunch juga mendapatkan sebuah screenshot yang memperlihatkan bagaimana integrasi tersebut bekerja. Di foto ini, tampak Instagram Stories yang dilengkapi dengan ikon berbagi yang menuju langsung ke WhatsApp dan berubah menjadi Status. Status di WhatsApp menampilkan konten yang sama namun dengan tambahan logo Instagram di sudut kanan bawah.

instagram-whatsapp-stories

Tapi sekali lagi, integrasi ini masih sebatas uji coba sehingga belum pasti apakah Facebook sungguh-sungguh bakal menghadirkannya ke publik. Jika dirasa cukup berguna, mungkin saja. Tapi jika tidak, fitur ini hanya akan jadi angan-angan belaka.

Sumber berita Techcrunch.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.