11 April 2018

by Bambang Winarso

Instagram Gulirkan Fitur Baru, Focus

Format baru ini menampilkan objek utama dengan detail yang tajam dan mem-blur bagian latar belakang

Di tengah-tengah sorotan yang sedang dihadapi oleh perusahaan induknya, Instagram meluncurkan update terbaru untuk iOS dan Android yang bertujuan membuat penggunanya makin betah. Fitur pertama dinamai Focus, tambahan baru yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto potret di mana objek utama tetap terlihat jelas sedangkan latar belakang diblur.

Untuk menggunakan Focus, pertama pastikan Anda sudah menggunakan Instagram versi terbaru. Tapi jika ternyata Anda tidak mendapati fitur yang dimaksud, berarti Anda harus lebih bersabar karena Instagram memang mengatakan tidak semua smartphone Android dan iOS akan kebagian jatah.

Di rilis resminya, Instagram menyatakan bahwa fitur Focus baru bisa dijumpai di beberapa perangkat saja, untuk iOS hanya di iPhone SE, 6S, 6S Plus, 7, 8, 8 Plus dan tentu saja iPhone X. Sedangkan untuk Android, terbatas pada perangkat terpilih. Sayang Instagram tak membeberkan merk beruntung yang bisa menggunakan fitur ini.

Jika smartphone Anda memenuhi syarat, fitur Focus bisa dijumpai di sebelah menu Superzoom ketika jendela kamera dibuka, baik kamera depan ataupun belakang. Ketika kamera siap menjepret, objek orang di dalam frame akan tetap terlihat jelas sedangkan latar belakang akan diblur. Nantinya, hasil akhir foto akan sama dengan foto dengan aplikasi kamera dengan efek bokeh.

Di saat yang sama, Instagram juga merilis fitur stiker @mention untuk perangkat iOS. Fitur ini memungkinkan pengguna iPhone untuk menjadikan nama teman sebagai stiker di foto yang dibagikan. Cara baru ini membuat interaksi di Instagram makin menarik dan menyenangkan.

Sumber berita Instagram dan gambar header Pixabay.