27 September 2017

by Bambang Winarso

Instagram Hadirkan Fitur Kendali Komentar dan Bantuan Depresi

Fitur-fitur baru yang dihadirkan secara khusus ingin menjadikan Instagram sebagai jejaring sosial yang lebih bersahabat

Jejaring sosial adalah sarana paling mudah untuk menemukan teman yang sudah terpisah lama dan dibedakan oleh jarak yang membentang. Tapi, di sisi lain jejaring sosial juga kerap menjadi tempat perang kata-kata yang berbuntut pada perpecahan. Sehingga di balik benefitnya tersebut, jejaring sosial menyimpan potensi menjadi tempat yang tak lagi ramah.

Paham betul potensi ancaman itu, Instagram menghadirkan fitur kendali komentar baru yang bertujuan untuk mengeliminasi komentar kasar dan cyber bullying.

Mulai hari ini, pengguna dengan akun publik di Instagram bisa memilih siapa yang boleh meninggalkan komentar di postingan mereka. Pengguna bisa memilih untuk membiarkan semua orang meninggalkan komentar, atau sekelompok pengguna saja seperti pengikut dan yang diikuti.

Kemudian, baik pengguna publik atau private, mulai sekarang mereka bisa memblokir akun lain untuk berkomentar di dalam postingan. Tapi bagi yang ingin sepenuhnya bebas komentar dari pengguna tak dikenal, Instagram sudah memberikan opsi mengubah akun ke mode private sehingga hanya teman yang dikenal lah yang bisa melihat semua postingan mereka.

Selanjutnya Instagram juga memperluas cakupan penyaring komentar yang mereka luncurkan pada bulan Juni lalu. Perluasan penyaring komentar ini sudah mendukung berbagai bahasa baru antara lain bahasa Arab, Perancis, Jerman dan Portugis dari sebelumnya hanya terbatas pada bahasa Inggris. Di masa mendatang, filter ini akan terus dikembangkan sehingga dapat menyaring lebih banyak bahasa.

Terakhir, Instagram juga menghadirkan sarana baru bagi pengguna yang menemukan video siaran langsung dari pengguna lain yang memperlihatkan gejala depresi, stres, atau masalah lainnya. Instagram secara khusus ingin melibatkan pengguna lain untuk mencegah tindakan bunuh diri yang dalam beberapa kasus disiarkan secara langsung. Jadi, jika pengguna melihat gelagat ke arah itu, mereka bisa melaporkannya ke Instagram tanpa nama. Sistem akan mengirimkan pesan kepada terlapor berupa akses bantuan yang terdiri dari beberapa alternatif. Instagram telah mempersiapkan bala bantuan terlatih yang siaga dalam 24 jam di seluruh dunia.

Sumber berita Instagram.