13 September 2016

by Glenn Kaonang

Instagram Kini Dilengkapi Fitur Moderasi Komentar Berbasis Kata Kunci

Komentar yang bersifat menyinggung atau tidak pada tempatnya akan otomatis disembunyikan dari foto dan video yang diunggah

Sebagai sebuah media sosial dengan jumlah pengguna mencapai 500 juta, Instagram tidak luput dari orang-orang usil dan kurang kerjaan yang kerap didapati menyinggung pengguna lain melalui komentar-komentarnya. Sejauh ini Instagram sebenarnya sudah punya sejumlah fitur untuk mengatasi masalah ini, mulai dari report dan block, sampai penghapusan komentar.

Akan tetapi menghapus komentar yang bersifat offensive atau sekadar spam satu per satu bukanlah pekerjaan yang mudah, apalagi kalau jumlah follower yang dimiliki sudah sangat banyak. Untuk itu, Instagram baru-baru ini memperkenalkan fitur moderasi komentar berbasis kata kunci.

Fitur ini bisa diakses melalui opsi Comments di menu pengaturan. Dari situ pengguna bisa mencantumkan kata-kata kunci yang dianggap menyinggung atau tidak pada tempatnya, plus sejumlah kata kunci yang ditetapkan Instagram secara default.

Fitur moderasi komentar berbasis kata kunci pada Instagram / Instagram

Selanjutnya, komentar yang mengandung kata-kata kunci ini akan otomatis disembunyikan dari foto atau video yang diunggah. Ketimbang harus memblokir satu per satu akun spammer, fitur ini bisa kita maksimalkan sebagai alternatif yang lebih memudahkan.

Semua ini merupakan bagian dari komitmen Instagram untuk membangun komunitas yang kreatif sekaligus positif. Harapannya, pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang lebih menyenangkan dengan cara baru menyingkirkan para bully verbal yang satu ini.

Sumber: Instagram Blog. Gambar header: Instagram via Pixabay.