Setahun lalu Instagram memperbarui situs mobile-nya agar jadi lebih mirip aplikasi biasa, yang pada akhirnya memicu spekulasi mengenai eksistensi aplikasi Instagram versi “Lite”. Semuanya terjawab hari ini, di mana Instagram baru saja merilis aplikasi bernama Instagram Lite di Google Play Store secara diam-diam.

Seperti halnya aplikasi versi Lite lain, ukuran aplikasi Instagram Lite sangatlah kecil, hanya 573 kilobyte, bandingkan dengan Instagram standar yang 32 megabyte. Kendati demikian, fitur-fiturnya tergolong cukup lengkap: posting foto ke feed standar maupun Stories dapat dilakukan, begitu juga akses ke tab Explore.

Yang sejauh ini belum bisa dilakukan adalah posting video serta chatting dengan pengguna lain via DM. Dua fitur tersebut baru akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan, bersamaan dengan ketersediaan Instagram Lite di lebih banyak negara – sejauh ini Instagram baru mengujinya di Meksiko saja.

Jelas sekali negara-negara berkembang yang menjadi target pasar Instagram Lite, terutama yang populasinya besar seperti India dan Brasil, serta tentu saja Indonesia. Belum ada informasi mengenai kapan Instagram Lite bakal tersedia di tanah air, namun saya kira semestinya tidak lama.

Kehadiran Instagram Lite sudah pasti mampu mendongkrak jumlah penggunanya lebih jauh lagi. Terakhir diberitakan bersamaan dengan peluncuran IGTV, Instagram memiliki satu miliar pengguna aktif setiap bulannya.

Sumber: TechCrunch.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.