25 January 2017

by Glenn Kaonang

Instagram Live Stories Sudah Tersedia di Indonesia, Begini Cara Pakainya

Video akan langsung dihapus setelah selesai disiarkan

Sekitar dua bulan sejak pengumuman resminya, fitur Instagram Live Stories akhirnya tersedia untuk konsumen tanah air. Tidak peduli apakah Anda seorang selebriti atau bukan, Anda bisa menyiarkan video secara langsung di Instagram mulai hari ini juga.

Untuk memulai, Anda hanya perlu menggeser layar ke kanan dari halaman utama. Setelahnya, Anda akan mendapati opsi baru berlabel "Live" di sebelah kiri bawah. Pilih opsi tersebut, lalu klik tombol "Start Live Video".

Instagram akan lebih dulu mengecek apakah koneksi internet Anda cukup cepat dan stabil untuk bisa menyiarkan video. Selanjutnya, Instagram akan mengirim notifikasi ke follower Anda bahwa Anda sedang menyiarkan live video.

Follower Anda akan menerima notifikasi setiap kali Anda menyiarkan Live Stories / Screenshot

Selama live video berlangsung, Anda bisa melihat siapa saja pengguna lain yang bergabung dan menonton. Anda juga dapat mengganti tampilan kamera depan atau belakang kapan pun Anda mau.

Ketika live video Anda akhiri, video tersebut juga akan langsung hilang tak berbekas, tidak seperti di layanan lain dimana rekaman live video biasanya masih disimpan selama beberapa saat setelah disiarkan. Ini juga berbeda dari Instagram Story yang baru akan dihapus setelah 24 jam.

Beralih ke tab Explore, Anda akan menjumpai icon berlabel "Top Live" di bagian kiri atas. Di situ Anda bisa menonton deretan Live Stories yang sedang ditonton oleh cukup banyak pengguna, termasuk yang berasal dari selebriti-selebriti ternama.