15 December 2016

by Glenn Kaonang

Instagram Perkenalkan Fitur Bookmark Bersifat Privat

Anda bisa menyimpan foto atau video unggahan seseorang untuk dilihat kembali di lain waktu

Sedang asyik buka Instagram, muncul foto semangkuk sop buntut super-nikmat unggahan seorang teman. Rupanya teman Anda jago masak, dan caption fotonya diisi dengan resep beserta langkah-langkah yang diperlukan. Sontak, Anda ingin menjajalnya sendiri.

Gambar dan caption-nya pun Anda screenshot, dengan harapan tidak kelupaan dan bisa mengaksesnya kapan saja Anda sempat di kemudian hari. Namun sekarang ada cara yang lebih mudah; Instagram baru saja memperkenalkan fitur Saved Post alias bookmark.

Sekarang, dalam setiap foto atau video, terdapat iconbookmark di sisi kanan. Sentuh icon tersebut, maka foto atau videonya akan disimpan ke dalam tab khusus di profil Anda. Sepintas terdengar mirip yang ditawarkan Pinterest, tapi Instagram rupanya mementingkan aspek privasi.

Kumpulan foto atau video yang Anda simpan ini cuma bisa dilihat oleh Anda seorang, dan sang pengunggah tidak akan tahu kalau Anda menyimpannya. Ini jelas sangat berbeda dari Pinterest, meskipun premis dasarnya sama.

Tentunya ada banyak yang bisa dimanfaatkan dari fitur bookmark ini, entah untuk menyimpan video-video lucu, foto-foto lokasi wisata menarik yang bisa dijadikan inspirasi atau mungkin sekadar menyimpan foto mantan – please, jangan sekali-kali dicoba kalau Anda sudah punya pasangan baru.

Terlepas dari itu, fitur ini sudah bisa dinikmati dengan meng-update aplikasi Instagram, baik di Android maupun iOS, ke versi yang terbaru yakni versi 10.2.

Sumber: Instagram Blog.