12 May 2016

by Glenn Kaonang

Instagram Punya Tampilan dan Icon Baru

Tampilannya kini serba putih sehingga konten foto dan video bisa tampak lebih mencolok

Selama lima tahun berkiprah, Instagram telah berkembang menjadi suatu komunitas global dimana lebih dari 80 juta foto dan video dibagikan setiap harinya. Namun dalam lima tahun tersebut, penampilan Instagram sendiri tidak banyak berubah.

Barulah di tahun 2016 ini Instagram akhirnya mendapat dandanan visual. Mulai versi 8.0, tampilan Instagram berubah drastis menjadi lebih datar. Hilang sudah garis berwarna biru yang khas di bagian atas, digantikan oleh kombinasi warna putih dan hitam yang tampak lebih modern.

Desain yang lebih simpel ini tidak semata untuk kepentingan estetika saja, tetapi juga demi memfokuskan konten foto dan video di hadapan pengguna; tampilan serba putih ini tentunya akan membuat foto atau video tampak lebih mencolok.

Perbandingan icon lawas Instagram dkk (atas) dan sesudah dipermak (bawah) / Instagram

Tak hanya tampilan aplikasi yang dipermak, icon Instagram pun juga berubah secara drastis, seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas. Wujud kamera kini digantikan oleh simbol yang lebih sederhana, sedangkan aksen pelangi yang ikonik kini diwakili oleh gradien warna.

Selain Instagram, aplikasi lain yang masih satu keluarga, yakni Layout, Boomerang dan Hyperlapse, juga ikut dirombak tampilan dan icon-nya supaya terasa lebih kohesif; memberikan kesan bahwa ketiganya merupakan pelengkap yang tepat buat Instagram.

Untuk mendapatkan tampilan baru ini, silakan update aplikasi Instagram ke versi 8.0 pada masing-masing perangkat, baik Android maupun iOS.

Sumber: Instagram Blog dan Medium.