Categories

Mobile

Instagram Rilis Aplikasi Hyperlapse Untuk Platform iOS

Bambang Winarso - 27 August 2014

Jejaring sosial dan layanan berbagi foto, Instagram, baru saja merilis sebuah aplikasi mobile bernama Hyperlapse. Aplikasi yang baru tersedia untuk perangkat iOS ini berguna untuk menangkap objek foto dengan efek time-lapse.

Teknik foto time-lapse ini dikenal cukup sulit untuk dilakukan dengan perangkat smartphone, biasanya para fotografer profesional menggunakan kamera khusus untuk membuat foto dengan efek tersebut.

Sebagai pejelasan singkat apa itu time-lapse TRL coba uraikan singkat saja. Time-lapse merupakan pengembangan teknik fotografi di mana kamera menangkap sekumpulan kejadian ke dalam bentuk foto dalam periode tertentu sehingga menghasilkan satu klip video utuh. Jumlah frame dan periode pengambilan gambar akan bervariasi tergantung kemampuan perangkat atau aplikasi yang digunakan.

Biasanya yang menjadi objek teknik ini adalah objek bergerak lambat misalnya matahari terbit, kerumunan orang berjalan, pantai atau awan yang sedang berjalan. Namun implementasinya belakangan mulai menyentuh objek-objek bergerak cepat misalnya kendaraan yang sedang berjalan, orang berlari dan banyak lagi lainnya.

 

Info Menarik: Gandeng Intex Technology, Mozilla Rilis Smartphone Berbasis Firefox OS Seharga $33 di India

Nah, kemampuan seperti itulah yang ditawarkan oleh aplikasi Hyperlapse besutan Instagram. Hyperlapse dapat menangkap objek dengan efek time-lapse hingga 30 detik dengan jumlah frame mencapai 5 ribu dalam 5 detik. Penggunaannya pun sangat mudah, aplikasi akan terpasang langsung di kamera bawaan iPhone dan cukup dengan sekali tap aplikasi akan langsung bekerja mengeluarkan kemampuannya.

Hyperlapse from Instagram

Untuk memberikan tingkat stabilitas yang baik selama proses pemotretan, Hyperlapse dipersenjatai dengan fitur automatic stabilization sehingga Anda dapat mempertahankan keseimbangan dan kualitas tangkapan kamera kendati dalam kondisi bergerak atau berlari sekalipun.

Setelah objek didapat dan tangkapan kamera terbentuk, Anda dapat memutar kembali klip video yang dihasilkan dengan pilihan kecepatan antara 1x hingga 12x. Kecepatan menjadi penting sebab keindahan yang dihasilkan dari setiap gerakan akan sangat ditentukan oleh seberapa cepat klip diputar.

Jika sebelumnya cukup sulit untuk membuat efek time-lapse, kini cukup dengan modal iPhone dan Hyperlapse yang bisa diunduh dari App Store, Anda sudah bisa melakukan hal yang sama secara lebih mudah.

Sumber berita Wired.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter