27 April 2018

by Bambang Winarso

Instagram Rilis Fitur untuk Mengunduh Data Lengkap Akun, Begini Cara Pakainya!

Fitur ini bisa diakses di desktop, dan nanti disusul di aplikasi Android dan iOS

Facebook sedang menjadi bahan perbincangan terkait kebocoran data-data pribadi penggunanya. Sebagai jejaring sosial paling besar di dunia, Facebook dituntut untuk melakukan langkah pencegahan agar kejadian serupa tak terulang dan memenuhi beberapa kebijakan, salah satunya menyediakan alat bagi pengguna untuk mengunduh konten yang mereka bagikan, tidak hanya di Facebook tapi juga portofolio lainnya, Instagram.

Beberapa pekan yang lalu, Facebook dilaporkan sedang menggarap fitur seperti itu untuk Instagram. Kini, dikutip dari Techcrunch, fitur unduhan data akun di Instagram sudah bisa diakses dari halaman ini dari desktop dan nantinya bakal disusul di platform mobile Android dan iOS.

Sebagaimana yang pernah kami beritakan sebelumnya, tool baru ini menawarkan pengguna Instagram opsi untuk mengunduh berbagai data, termasuk foto, video, informasi profil, arsip Stories, nama pengguna pengikut dan yang diikuti,DM, komentar dan juga likes. Besaran berkas yang diunduh akan tergantung pada seberapa sering pengguna mengakes Instagram, seberapa banya foto dan video yang dibagikan, seberapa sering mereka mengirim pesan dan lain-lain. Jadi, waktunya akan bervariasi untuk masing-masing orang.

Caranya cukup mudah, misalnya jika Anda memilih menggunakan desktop, maka cukup kunjungi tautan ini, kemudian login ke akun Instagram Anda. Di laman ini, klik tombol Berikutnya.

 

  • Ketikkan kata sandi akun Anda sekali lagi, lalu klik Minta Unduhan.

  • Selesai, data Anda sedang dipersiapkan. Untuk bisa mengunduhnya, Anda harus menunggu paling lama 48 jam sejak permintaan dikirimkan.

Tautan unduhan seluruh data akan dikirimkan ke email yang Anda gunakan saat mendaftarkan akun ke Instagram.

Sumber gambar header Pixabay.