Taktik ‘kotor’ Facebook yang menjiplak fitur-fitur Snapchat rupanya berbuah pada kesuksesan: Instagram Stories kini lebih populer ketimbang Snapchat Stories. Kini mereka tampaknya memutuskan untuk berpindah haluan dan ganti melirik Pinterest sebagai sumber inspirasi berikutnya.

Hal ini terbukti dengan adanya penyempurnaan fitur Saved Post yang diperkenalkan pada akhir tahun kemarin. Sekarang, pengguna dapat menyimpan beberapa post ke dalam sebuah koleksi atau kategori. Seperti yang saya bilang, premisnya mirip seperti yang Pinterest tawarkan dimana pengguna dapat mengelompokkan Pin ke dalam berbagai kategori.

Jadi selain menyimpan post seperti biasa, pengguna sekarang dapat menyentuh dan menahan iconbookmark di setiap post (milik sendiri atau milik orang lain) guna menyimpannya langsung ke dalam suatu koleksi. Anda bebas menciptakan dan menamakan koleksi baru, atau menambahkan post tersebut ke koleksi yang sudah Anda buat sebelumnya.

Sama seperti sebelumnya, koleksi post yang Anda simpan ini bisa diakses lewat tab “Saved” di profil Anda. Di sini Anda bisa membuat koleksi baru dan memilih post mana saja yang telah Anda simpan untuk dikelompokkan di dalamnya. Penting juga untuk dicatat, hanya Anda seorang yang dapat melihat post yang tersimpan beserta sejumlah koleksinya.

Instagram mengaku sekitar 46% pengguna Instagram telah menyimpan setidaknya satu post. Penambahan fitur Collections ini dimaksudkan untuk semakin memudahkan pengguna memantau foto atau video yang ingin mereka ingat-ingat atau sekadar dilihat lagi di kemudian hari.

Sumber: Instagram.