Categories

Mobile

Instagram Siap Tingkatkan Kualitas Resolusi Foto Yang Dibagikan

Aditya Daniel - 9 July 2015

Ketika mendengar jejaring sosial untuk berbagi foto maka nama layanan apa yang ada dalam benak Anda? Bagi sebagian besar pembaca mungkin Instagram jawabannya. Instagram tak hanya populer sebagai jejaring sosial untuk berbagi foto antar penggunanya, bahkan sekarang ini Instagram bisa berubah fungsi menjadi tempat jual-beli online.

Bagi penyuka fotografi dan memilih kualitas foto yang terbaik ketika dibagikan, Instagram mungkin bukan tempat yang cocok karena seluruh foto yang diunggah ke Instagram akan dikompres dan perkecil ukurannya menjadi 640 x 640 pixel. Tentunya kualitas gambar yang diunggah akan kurang baik berkat keterbatasannya ini.

Info Menarik: Instagram Rombak Tab Explore, Tingkatkan Fitur Pencarian

Namun jangan khawatir karena informasi terbaru menyebutkan bahwa Instagram akan melakukan peningkatan kualitas foto-foto yang diunggah dalam layanannya. Kini Anda bisa mengunggah foto berkualitas baik hingga resolusi 1080 x 1080.

Hal ini diungakapkan lewat sebuah tweet dari Instagram co-founder Mike Krieger:

https://twitter.com/mikeyk/status/618117569820663808

Meski belum terdapat update dari aplikasi mobile Instagram baik di Google Play Store atau Apple App Store serta belum adanya pengumuman resmi namun jika kita mengunjungi sebuah tautan Instagram lewat web browser, foto yang ditampilkan sudah beresolusi 1080 x 1080. Hal ini dikonfirmasi oleh salah seorang pembaca The Verge dengan mengintip pada source code Instragam versi web.

Info yang diterima The Verge dari juru bicara Instagram mengkonfirmasi bahwa mereka memang mulai menyajikan foto beresolusi 1080 x 1080 di aplikasi mobile mereka baik di Android maupun iOS sejak minggu lalu. Masih fokus pada platform aplikasi mobile mereka, Instagram sendiri belum berencana menghadirkan aplikasi Instagram untuk perangkat Desktop.

Info Menarik:Review: VSCO Cam Untuk iPad

Update ini tentunya membawa kabar gembira bagi mereka yang gemar fotografi dan menyukai foto dengan resolusi tinggi. Anda juga bisa menikmati beragam foto yang dibagikan dengan kualitas yang lebih tajam dan jernih.

Namun resolusi foto yang lebih besar, bisa jadi akan berdampak pula pada menurunnya kecepatan aplikasi untuk menyajikan foto-foto tersebut. Terlebih untuk daerah dimana sinyal internet kurang baik. Tak hanya membutuhkan sinyal internet yang baik untuk memuat fotonya, pengguna juga akan membutuhkan kuota yang lebih untuk menikmati foto-foto Instagram tersebut.

Well, kita tunggu saja pengumuman resmi Instagram terkait hal ini, siapa tau ada optimasi dari sisi teknis untuk kenyamanan pengguna.

Sumber: The Verge | 9to5Mac.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter