23 March 2017

by Glenn Kaonang

Instagram Siapkan Fitur untuk Memudahkan Pengguna Membuat Janji dengan Pemilik Bisnis

Cukup klik satu tombol, maka Anda bisa melakukan reservasi restoran misalnya

Semakin ke sini, semakin banyak pemilik bisnis yang memanfaatkan Instagram sebagai media promosi. Akun-akun bisnis di Instagram ini juga bisa mencantumkan data kontaknya, sehingga yang muncul di profilnya bukan cuma tombol “Follow” saja, tapi juga tombol “Contact”.

Diperkirakan setidaknya sudah ada sekitar 8 juta akun bisnis di Instagram, dan lebih dari 1 juta di antaranya merupakan pengiklan yang aktif. Di sisi lain, sekitar 80 persen pengguna Instagram mem-follow setidaknya satu akun bisnis, berdasarkan pengakuan James Quarles yang memimpin divisi bisnis Instagram.

Melihat statistik ini, wajar apabila Instagram ingin memanjakan para pemilik bisnis lebih lagi. Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan fitur dimana konsumen dapat membuat janji dengan pemilik bisnis hanya dengan mengklik satu tombol di profil akun bisnis tersebut.

Fitur ini pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk, misalnya, membuat janji dengan sebuah salon. Contoh yang sama juga bisa diterapkan untuk pemilik bisnis lain, semisal untuk keperluan reservasi di restoran. Singkat cerita, fitur ini membuka kesempatan bagi Instagram untuk bersaing dengan layanan seperti OpenTable atau Yelp.

Detail lebih jelasnya masih belum tersedia, namun kabarnya Instagram bakal merilis fitur ini dalam beberapa bulan mendatang.

Sumber: Bloomberg. Gambar header: Pixabay.