22 February 2013

by wiku

Instagram Tak Akan Hadir di BlackBerry 10?

Salah satu aplikasi populer yang telah tersedia di platform lain dikabarkan tidak akan tersedia di BlackBerry 10, aplikasi itu adalah Instagram.

Sebuah sumber yang dekat dengan masalah ini mengatakan pada AllThingsD bahwa versi native dari aplikasi berbagai foto populer ini tidak akan dikembangkan untuk BB 10, setidaknya tidak dalam waktu dekat.Bahkan ada kemungkinan pula tidak akan tersedia sama sekali.

Namun demikian, aplikasi Instagram tetap akan dikembangkan untuk tersedia di BB 10, namun bukan aplikasi native melainkan porting dari versi Android.

Pihak BlackBerry sendiri mengatakan bahwa mereka memiliki kemitraan yang kuat dan berusaha untuk menghadirkan dukungan Instagram dalam ekosistem BB 10, meski tidak ada informasi atas detail lain termasuk tentang kapan aplikasi resmi dari Instagram tersedia di platform mereka.

Sejauh ini memang pengembangan aplikasi portingย dari Instagram masih dilakukan, meski dikabarkan ada kendala teknis untuk bisa memberikan pengalaman yang baik atas aplikasi ini bagi pengguna. Pihak Facebook sendiri belum memberikan komentar atas hal ini.

Jika ini benar tentunya pengalaman penggunaan Instagram yang maksimal akan hilang dari BB 10, meski masih ada kemungkinnan aplikasi hasil porting, namun tentunya pengalaman penggunannya akan berbeda. Ketersediaan aplikasi menjadi penting dalam sebuah platform mobile, terutama aplikasi populer. Menarik untuk melihat seperti apa strategi BlackBerry untuk terus 'membujuk' agar aplikasi Instagram resmi bisa tersedia di BB 10.

Sumber dan laporan lebih lengkap bisa dilihat di AllThingsD.