7 October 2019

by Glenn Kaonang

Threads Adalah Aplikasi Baru untuk Berinteraksi Secara Khusus dengan Teman-Teman Dekat di Instagram

Evolusi dari fitur Close Friends yang diluncurkan tahun lalu

Ada yang baru dari Instagram, khususnya bagi Anda yang rutin menggunakan fitur Close Friends. Namanya Threads, dan ia merupakan aplikasi terpisah untuk berinteraksi secara khusus dengan teman-teman pilihan Anda di Instagram.

Sekadar mengingatkan, fitur Close Friends yang dirilis tahun lalu memungkinkan pengguna untuk membagikan konten Story secara eksklusif kepada orang-orang terdekatnya saja (ditandai dengan label berwarna hijau bertuliskan "Close Friends"). Orang-orang terdekat ini dipilih sendiri oleh masing-masing pengguna dari deretan follower-nya.

Threads pada dasarnya merupakan kelanjutan dari fitur Close Friends, yang kini telah berevolusi menjadi aplikasi mandiri. Fungsi utamanya sama persis, yakni untuk berbagi konten Story (foto, video maupun teks) ke orang-orang terdekat. Yang berbeda, Threads juga menambahkan satu tipe konten baru, yakni Status.

Lebih lanjut, Threads bahkan dilengkapi dengan fitur Auto Status. Jadi ketika fitur ini diaktifkan (sifatnya opsional), secara otomatis Threads akan membagikan secuil informasi terkait di mana Anda berada (tanpa membeberkan lokasi persisnya) kepada daftar teman dekat itu tadi.

Lalu bagaimana dengan fitur Close Friends di aplikasi Instagram? Tidak ada yang berubah. Konten dari deretan teman dekat Anda akan muncul di Instagram Direct dan Threads sekaligus. Threads pada dasarnya hanya memberikan konteks bahwa konten yang Anda jumpai di aplikasi tersebut benar-benar yang berasal dari teman-teman dekat Anda, bukan yang bercampur dengan 'kebisingan' di Instagram.

Bagi yang belum pernah mencoba fitur Close Friends sama sekali, jangan khawatir, sebab daftar teman dekatnya bisa dibuat langsung di Threads. Aplikasi ini sekarang sudah bisa diunduh dari Apple App Store maupun Google Play Store.

Sumber: Instagram via PetaPixel.