8 March 2016

by Glenn Kaonang

Instagram untuk Windows 10 Mobile Sudah Tersedia dalam Versi Beta

Masih ada sejumlah kendala, tapi sudah mendukung hampir semua fiturnya, termasuk fitur multi akun

Pengguna smartphone Windows 10 yang sudah menunggu dengan sabar boleh tersenyum lebar, Facebook akhirnya merilis versi beta Instagram untuk Windows 10 Mobile.

Selama ini, pengguna harus mengandalkan aplikasi pihak ketiga bernama 6tag untuk mengakses Instagram di handset Windows Phone maupun Windows 10 Mobile macam Lumia 950. Meski baru versi beta, paling tidak ini merupakan pertanda bahwa Facebook belum lupa dengan fans loyal Microsoft.

Label beta juga mengindikasikan bahwa aplikasi belum bisa berjalan sempurna. Fitur "Share to" dan login menggunakan Facebook masih mengalami kendala, dan pengguna juga bakal menjumpai sejumlah crash saat hendak mengunggah foto. Performanya juga belum semulus 6tag.

Berdasarkan ulasan pengguna di Windows Store, ada yang menyebutkan bahwa terkadang tidak ada satu pun foto yang muncul di galeri ketika hendak mengunggah. Ada juga yang mengatakan bahwa aplikasi tak bisa dibuka di Lumia 535. Pun begitu, tidak sedikit juga yang menyampaikan rasa puas dan menyebutnya sudah mendekati fungsionalitas yang ditawarkan Instagram versi Android maupun iOS.

Versi beta ini bahkan sudah mendukung fitur video maupun fitur multi akun yang belum lama dirilis untuk Android dan iOS. Tampilannya sendiri mirip seperti versi iOS, namun bisa dipastikan bahwa aplikasi ini bukan hasil porting semata.

Versi beta Instagram untuk Windows 10 Mobile ini sudah bisa Anda unduh langsung dari Windows Store. Jangan lupa untuk memberi feedback dengan mengocok handset setiap kali Anda mengalami kendala.

Simak juga video hands-on yang dibuat oleh situs Windows Central di bawah ini.

Sumber berita dan gambar: Windows Central.