Categories

Misc

Integrasi Aplikasi Pihak Ketiga dalam Slack Makin Matang Berkat Fitur Message Buttons

Percakapan dalam Slack kini bisa diisi tombol-tombol interaktif yang tersambung langsung ke aplikasi pihak ketiga

Glenn Kaonang - 24 June 2016

Slack kian membuktikan gelarnya sebagai aplikasi pesan instan terbaik untuk tim. Usai merilis fitur panggilan suara ke semua pengguna, Slack kini semakin mematangkan salah satu fitur andalannya: integrasi dengan lebih dari 500 aplikasi pihak ketiga.

Integrasi aplikasi dalam Slack kini makin sempurna berkat fitur baru bernama Message Buttons. Fitur ini pada dasarnya akan mengubah percakapan dalam Slack menjadi deretan tombol interaktif, memungkinkan pengguna untuk mengakses sejumlah fungsi aplikasi pihak ketiga tanpa perlu membuka tab baru pada browser.

Seperti apa contoh penggunaan fitur ini? Dengan Abacus misalnya, pengguna bisa mengunggah nota pengeluaran untuk di-review dan di-approve oleh manajernya. Tombol "Approve" atau "Deny" ini akan muncul langsung pada percakapan Slack, dan respon yang diberikan otomatis akan tersinkronisasi dengan Abacus sendiri.

Tampilan Message Buttons aplikasi Abacus di dalam percakapan Slack / Slack

Untuk tim yang memakai Trello, tugas atau proyek baru kini bisa langsung ditambahkan dari dalam percakapan Slack. Tanggal jatuh tempo pun bisa ditetapkan tanpa harus membuka situs Trello, dan percakapan di Slack juga bisa dilampirkan ke laman proyeknya. Semuanya cukup dengan mengklik tombol-tombol yang muncul dalam percakapan Slack.

Sejauh ini fitur Message Buttons sudah bisa diterapkan pada selusin aplikasi pihak ketiga, yakni Abacus, Greenhouse, Trello, Current, Kayak, Kip, Kyber, PagerDuty, Qualtrics, Riffsy, Talkdesk dan Talkus. Ke depannya mayoritas developer pasti tertarik untuk mengintegrasikan fitur ini pada aplikasinya masing-masing.

Sumber: Slack Blog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter