1. Startup

Integrasikan Online-Offline, Mindtalk Fokus Ke Platform Komunitas

Mindtalk, startup dengan layanan interest meet-up space, kemarin mengumumkan bahwa platformnya telah resmi menjadi official community partner untuk pesta teknologi INAICTA 2013. Indonesia ICT Award atau yang dikenal dengan INAICTA adalah sebuah ajang lomba karya kreatifitas di industri Teknologi Komunikasi dan Informasi terbesar di Indonesia. Di tahun ke-7 nya kali ini INAICTA mengangkat tema TEKNOKREASI : “A Nation of possibilities”.

Meski sudah live sejak awal tahun 2012, Mindtalk akhirnya diluncurkan November 2012 kemarin dan secara resmi meninggalkan status betanya. Beberapa prestasi yang sudah diraih oleh Mindtalk antara lain manjadi aplikasi yang direkomndasikan oleh Google Chrome, Nokia Lumia & Asha dan Microsoft Windows 8. Sejak tahun 2012 Mindtalk terus gencar bekerjasama dengan event-event besar di dunia digital dan berhasil terpilih menjadi official community platform dari beberapa event bergengsi seperti APMF 2012, SPARXUP 2012 dan Citra Pariwara 2012.

Mindtalk yang digawangi oleh Danny Oei Wirianto dan Robin Ma'rufi memang dikembangkan untuk mengakomodasi kebutuhan  akan sebuah ruang berbagi bersama di mana di dalamnya mereka dapat membagikan apa yang sedang mereka pikirkan secara mudah dan cepat. Di sini orang-orang dapat berkumpul di satu ruang ketertarikan bernama channel dan dapat membagikan ide-ide mereka dalam bentuk foto, video maupun artikel secara mudah.

Kolaborasi antara Mindtalk.com dengan INAICTA 2013 ini diharapkan akan memicu terbentuknya sebuah komunitas di industry Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dengan adanya Mindtalk.com komunitas kreatif dapat dengan mudah bertemu dengan sesame dan berinteraksi dengan sesama.

Strategi yang ditempuh Mindtalk dengan mensinergikan platform online dengan kegiatan offline ini cukup menarik untuk diamati. Berhubung Indonesia masih dalam tahap berkembang, penting untuk tetap melakukan pendekatan secara offline untuk menarik pengguna baru (user acquisition) ke platform online. Banyak yang pasti setuju bahwa mengandalkan online semata untuk menarik pengguna baru sangatlah sulit dan tidak effektif, diperlukan investasi yang sedikit lebih banyak untuk masuk ke offline dan menarik pengguna baru ke online.

Integrasi offline-online ini masih krusial di Indonesia, terutama karena masyarakat masih memandang sebelah mata untuk platform online, terutama yang belum se-terkenal Facebook, Twitter dan lain-lain.

DailySocial sendiri memiliki beberapa kanal komunitas di Mindtalk seperti #Startup, #Developers, #VentureCapital, #MobileDev, #GameDev dan #SparxUp.

*disclaimer: Mindtalk dan DailySocial diinkubasi dibawah induk perusahaan yang sama

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again