5 March 2014

by Yoga Wisesa

Intel Beli Produsen Smartwatch Basis?

Di pertengahan bulan Februari lalu, Basis Science mencoba menjual perusahaan mereka.

Menjadi produsen perangkat wearable pendukung olahraga terkemuka dunia, hal ini menarik perhatian banyak raksasa teknologi seperti Google, Apple, Samsung hingga Microsoft. Akhirnya dikabarkan satu nama muncul sebagai pemenang dan pemilik baru perusahaan itu, mereka adalah Intel.

Dengan menjadi tren terpanas saat ini, tiap produsen mencoba mengembangkan dan memiliki wearable device-nya sendiri: Samsung sangat vokal dengan Galaxy Gear serta Gear 2 mereka, sedangkan Apple masih menunggu saat yang tepat untuk memamerkan iWatch, Google sibuk dengan Google Glass, dan perusahaan lain seperti Qualcomm, Sony telah memiliki produk yang ada di pasaran.

Ada dua sumber berita yang menyebutkan jumlah nominal uang yang Intel berikan untuk mengakuisisi Basis Science. Perkiraan kasarnya adalah antara US$ 100 hingga 150 juta.

Intel sendiri telah banyak 'bercuap-cuap' tentang headset Bluetooth dengan kemampuan a la Siri yang didukung chip Edison bernama Jarvis - seperti nama artificial intelligence yang selalu setia mendampingi Iron Man.

 

Info menarik: Analis Perkirakan Penjualan Smartphone ‘Runtuh’ di Tahun 2018

 

Dengan mengakuisisi Basis, maka Intel akan memperkaya infrastruktur mereka dan memberikan mereka sebuah jalan memasuki dunia consumer electronics. Kita tahu, Intel merupakan produsen dan pengembang chip prosesor terkuat di dunia, dengan menggenggam Basis, maka perusahaan ini memiliki sebuah platform tambahan untuk menjual produknya.

Intel juga memiliki andil untuk mengubah dan memperbarui desain produk yang dimiliki Basis Science. Basis merupakan pencipta Health Tracker Watch yang terkenal di kalangan pencinta fitness dan olah raga. Banyak orang mengakui bahwa produk mereka mampu menyajikan data akurat dibandingkan para rivalnya, sayangnya ia memiliki desain yang bisa dibilang kurang manis.

Dengan begitu Intel bisa mengusung desain yang jauh lebih baik dari sebelumnya - a la Jawbone ataupun Fitbit, sebuah desain yang lebih fleksibel dan sporty.

 

Info menarik: Intel Perkenalkan Sejumlah Teknologi Ciamik Mulai RealSense, Smartwatch dan Komputer Seukuran SD Card

 

 

Langkah ini juga mempermudah Intel dalam bersaing dengan Qualcomm, Texas Instruments, STMicroelectronics, yang mana mereka berinvestasi besar-besaran mengembangkan sensor untuk perangkat wearable.

Intel bukan hanya harus berpikir bagaimana mereka akan memasarkan platform wearable namun juga menemukan solusi utuh untuk mengejar ketinggalannya. Dengan merangkul Basic Science, maka Intel bisa mengisi ruang kosong tersebut.

Hingga saat ini, belum ada yang berubah pada Basic Science sendiri. Mereka masih gencar memasarkan produk Health Tracker, dan baru saja mengenalkan tipe terbaru untuk tahun 2014: Basis Health Tracker Carbon Steel Edition dengan berbagai perlengkapannya seperti berbagai jenis strap dan connector USB. Intel juga belum memberikan komentar atas kabar akuisisi ini.

Sumber TechCrunch dan AppleInsider. Sumber gambar: Fastcoexist.com.