Intel Braswell Hadir Dalam Varian Celeron dan Pentium yang Terjangkau

Intel Braswell Hadir Dalam Varian Celeron dan Pentium yang Terjangkau

intel
intel

Di jajaran system on chip Intel, platform Bay Trail masih menempati barisan terdepan di segmen entry level. Tapi situasi itu berubah ketika Intel mengkonfirmasi segera melepas Intel Braswell untuk mendampinginya. Dan di akhir Maret lalu, Intel dikabarkan diam-diam telah membuktikan ucapannya.

Intel Braswell merupakan system on chip yang dibangun dengan fabrikasi 14nm dan dirancang untuk mendukung perangkat desktop, notebook dan convertible. Braswell ini bisa jadi merupakan penerus Bay Trail. Tetapi perlu dicatat bahwa untuk SoC yang satu ini, Intel sudah punya Cherry Trail yang lebih cocok untuk jadi penerus. Kendati memang penggunaan Cherry Trail lebih diperuntukkan bagi perangkat tablet.

Selain fabrikasi 14nm, SoC Intel Braswell merupakan kombinasi dari 1 atau 2 modul prosesor, pengolah grafis dan memori controller. Inti prosesor telah menjalankan instruksi SIMD, mendukung Intel 64 dan teknologi Burst Performance untuk mendongrak performa.

Info Menarik:Bersiaplah, Xiaomi Redmi 2 dan Mi Pad Segera Mendarat di Indonesia

Dengan kombinasi tersebut, performa dan daya dobrak rata-rata yang dipunyai oleh Intel Braswell berada di atas Bay Trail, termasuk soal efisiensi daya. Yang tentu berdampak pada daya tahan baterai perangkat yang lebih panjang.

Dikutip dari CPU World, ada empat varian yang dihadirkan oleh Intel lewat armada Intel Braswell. Pertama Celerono N3000, kemudian Celeron N3050, lalu ada Celeron N3150 dan Pentium N3700.

Celeron N3000 dan N3050 memiliki prosesor dual-core dengan spek kapasitas 1MB L2 cache. Dari seri keduanya jelas bahwa N3000 berada di bawah N3050. Celeron N3000 mempunyai daya ledak 1,04GHz dan TDP hanya 4 Watt. Maksimum daya gedor hanya 2,08GHz.

intel braswellSementara Celeron 3050 lebih superior, varian ini memiliki clockspeed 1,6GHz hingga 2,16GHz tetapi dengan TDP yang lebih tinggi yakni 6 Watt. Soal kecepatan pengolah grafis, keduanya sama-sama mampu melesat pada 320MHz dengan dorongan optimal hingga 600MHz.

Info Menarik:Alcatel OneTouch Watch, Smartwatch Perdana Alcatel dengan Kompatibilitas Android dan iOS

Kemudian dua varian lainnya, Celeron N3150 dan Pentium N3700 satu tingkat lebih gahar, dimana terdapat empat inti CPU dengan 2MB L2 cache. Keduanya menghasilkan daya gedor 1,6GHz sampai dengan 2,08GHz dan 2,4GHz masing-masing.

Menariknya, ketiga varian Celeron dihargai sama hanya $107. Sementara untuk varian Pentium N3700 lebih mahal seharga $161.

Sumber berita CPUWorld dan header Kobby Dagan/Shutterstock.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…