Categories

Gadget

Intel NUC Kini Hadir Sebagai Mini PC yang Komplet Seharga $255

Glenn Kaonang - 19 October 2015

Intel sudah memasarkan mini PC berlabel NUC (Next Unit of Computing) selama beberapa tahun. Akan tetapi sejauh ini Intel NUC hanya dijajakan dalam wujud barebone saja, alias tanpa RAM, storage maupun sistem operasi. Maka dari itu, konsumen awam pun seringkali tidak tahu akan keberadaan lini produk Intel NUC.

Namun baru-baru ini Intel melakukan suatu hal yang berbeda. Untuk pertama kalinya, mereka menawarkan Intel NUC sebagai sebuah sistem yang komplet dan siap untuk digunakan begitu boksnya dibuka. Perangkat ini bahkan hadir bersama OS Windows 10 – meski pengguna tetap bisa meng-install OS seperti Ubuntu atau distro Linux lainnya, atau bahkan Android sekalipun.

Mengusung codename Grass Canyon, Intel NUC versi terbaru ini masih mempertahankan fisiknya yang ringkas. Dimensinya berkisar 11,4 x 11,2 x 5 cm. Di dalamnya bernaung prosesor quad-core Intel Braswell Pentium N3700 2,4 GHz dan chip Intel HD Graphics terintegrasi. Komponen lainnya mencakup RAM 2 GB DDR3 – maksimum hingga 8 GB – dan storage eMMC 32 GB. Uniknya, pengguna bisa menjejalkan HDD/SSD 2,5 inci jika perlu kapasitas ekstra.

Info menarik: Intel, Microsoft, Lenovo, HP dan Dell Berkolaborasi Promosikan PC?

Sebelum kita membahasnya lebih lanjut, mungkin ada sebagian dari Anda yang bertanya, "Mengapa saya harus melirik perangkat ini kalau ada Intel Compute Stick yang berukuran jauh lebih kecil?" Alasan pertama, Intel NUC juga cukup kecil untuk ditempatkan di sebelah TV di ruang tamu. Alasan lainnya berkaitan dengan performa yang lebih kencang, dan tentu saja, konektivitas yang lebih lengkap.

Intel NUC Grass Canyon hadir membawa empat port USB 3.0 sekaligus – dua di depan dan dua di belakang – port Ethernet, VGA, HDMI dan colokan headphone/mikrofon. Konektivitas nirkabelnya mencakup Wi-Fi AC dan Bluetooth 4.0, dan ia juga mengemas slot SD card di sisi sampingnya.

Intel NUC versi terbaru ini akan dipasarkan seharga $255. Sisa budget-nya bisa Anda tumpahkan ke mouse, keyboard, serta monitor/TV.

Sumber: Digital Trends dan Intel.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter