Gadget

Intel Optane SSD 900P Rebut Gelar SSD Tercepat dari Samsung

Menawarkan kecepatan baca 2.500 MB/s dan tulis 2.000 MB/s

Ada dua manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda memutuskan untuk mengganti hard disk drive (HDD) biasa dengan solid state drive (SSD): 1) risiko kerusakan bisa ditekan karena SSD tidak memiliki komponen bergerak, dan 2) peningkatan performa yang signifikan karena SSD memiliki kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih tinggi.

SSD sendiri ada bermacam-macam. Ada yang kecepatannya jauh di atas SSD lainnya, macam Samsung 960 Pro. Namun titel SSD tercepat (untuk konsumen umum) saat ini tidak lagi dipegang oleh Samsung, melainkan Intel, lewat persembahan terbarunya, yaitu Optane SSD 900P Series.

SSD ini istimewa karena mengadopsi teknologi 3D XPoint. Sederhananya, teknologi ini dimaksudkan untuk menjembatani antara RAM dan SSD. Keduanya secara teknis sama-sama merupakan tipe memory, akan tetapi RAM memiliki kecepatan tinggi dan kapasitas rendah, sedangkan SSD memiliki kapasitas yang cukup besar selagi kecepatannya lebih rendah ketimbang RAM.

Optane SSD 900P bisa diposisikan tepat di tengah-tengah. Intel mengklaim kecepatan bacanya mencapai angka 2.500 MB/s, sedangkan kecepatan menulisnya 2.000 MB/s. Di saat yang sama, ada dua kapasitas yang ditawarkan, yakni 280 GB dan 480 GB – jauh melebihi kapasitas RAM terbesar yang ada di pasaran sekarang.

Berdasarkan pengujian PC Gamer, performa Optane SSD 900P jauh di atas Samsung 960 Pro yang sama-sama menggunakan interface NVMe PCIe. Begitu kencangnya teknologi yang digunakan lini Optane, Intel tidak segan mengklaimnya mampu menjadi komponen pelengkap RAM.

Tentu saja tidak semua orang membutuhkan performa sekencang ini. SSD standar yang sudah beredar di pasaran sebenarnya sudah cukup bagi mereka yang masih menggunakan HDD. Namun bagi para video editor atau gamer yang benar-benar tidak mau kompromi, Optane merupakan penawaran yang sangat menggiurkan.

Setidaknya untuk sekarang, Intel Optane SSD 900P punya dua kelemahan. Yang pertama, kapasitasnya belum bisa menyaingi SSD jenis NAND yang saat ini sudah ditawarkan hingga kapasitas 2 TB. Kedua, harganya masih amat tinggi: $389 untuk varian 280 GB, dan $599 untuk 480 GB. Sebagai perbandingan, dengan Samsung 960 Pro, modal $600 akan memberikan Anda kapasitas 1 TB.

Sumber: ZDNet.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter