Categories

Gadget

Intel: USB Type-C Bisa Menjadi Pengganti yang Pas untuk Jack Audio 3,5 mm

Intel sedang merancang spesifikasi baru agar headphone berkonektor USB tidak terlalu menguras baterai

Glenn Kaonang - 19 August 2016

Kalau Anda mengikuti situs-situs rumor, besar kemungkinan Anda mengetahui kabar bahwa iPhone 7 nantinya bakal tidak memiliki jack audio 3,5 mm. Ada beberapa spekulasi mengenai alasannya, antara lain: 1) Apple ingin membuat bodi iPhone semakin tipis, atau 2) Apple ingin menjadikan headphone atau earphone nirkabel sebagai standar baru.

Apapun alasannya, kalau memang benar terjadi, penggantinya harus ada. Bisa berupa headphone nirkabel tadi, atau yang menggunakan konektor Lightning, atau kalau menurut Intel, memakai konektor USB Type-C.

Dalam acara Intel Developer Forum, sang produsen prosesor tersebut membeberkan idenya dalam menjadikan USB Type-C atau USB-C sebagai standar baru di bidang audio. Jadi pada ponsel seperti Moto Z yang tak dilengkapi jack 3,5 mm, satu port USB-C saja bisa untuk berbagai keperluan – charging, audio dan sebagainya.

Namun yang menjadi kekhawatiran baru adalah soal efisiensi daya; bisakah headphone berkonektor USB-C tidak menguras baterai terlalu cepat seperti headphone standar yang kita miliki sekarang? Kalau di laptop atau PC mungkin tidak masalah, tapi tidak ada yang mau baterai ponselnya cepat habis hanya karena harus menyumbang daya ke headphone yang tersambung.

Untuk itu, Intel telah merencanakan spesifikasi baru yang akan memastikan kalau headphone USB tidak terlalu menguras baterai, dan diestimasikan bisa setara dengan yang dikonsumsi headphone standar dengan konektor 3,5 mm. Spesifikasi baru ini juga dimaksudkan untuk mengontrol cara kerja tombol pada headphone USB.

Intel tak lupa menjelaskan ada beberapa nilai positif yang bisa diambil dengan digantikannya jack audio 3,5 mm oleh USB-C. Yang pertama membenarkan spekulasi di atas, dimana jack 3,5 mm memakan terlalu banyak ruang di dalam ponsel.

Kedua, konektor USB memungkinkan pengaplikasian berbagai efek seperti surround atau noise cancelling pada semua headphone tanpa terkecuali, mengingat yang diteruskan adalah murni sinyal digital.

Tentu saja inisiatif Intel ini tak akan ada artinya apabila industri smartphone tidak mengamininya. Seandainya benar iPhone 7 datang tanpa jackheadphone, kemungkinan besar pabrikan ponsel lainnya juga akan mengikuti jejaknya kemudian, dan buah pemikiran Intel ini pun tidak jadi sia-sia.

Sumber: CNET. Gambar header: USB Type-C via Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter