Categories

Gadget

Intex Aqua Fish, Smartphone dengan OS Sailfish 2.0

Oki Rosgani - 20 July 2015

Sebagian dari Anda mungkin masih ingat dengan Jolla, perusahaan yang didirikan oleh mantan pegawai Nokia yang pernah merancang platfrom MeeGO, membuat sistem operasi mobile baru bernama Sailfish OS. Nah baru-baru ini Jolla telah melakukan kerjasama dengan sejumlah perusahaan untuk menebar platform Sailfish OS tersebut yang kini telah menginjak versi 2.0.

Intex adalah perusahaan elektronik asal India yang menjadi salah satu perusahaan rekanan Jolla untuk mengadopsi platformSailfish OS tersebut, sebelumnya Intex juga telah berhasil memasarkan smartphone Firefox OS di India.

Dalam ajang Mobile World Congress Shanghai 2015 kemarin, Intex telah memperkenalkan smartphone yang bertajuk Intex Aqua Fish yang berjalan dengan platform Jolla OS 2.0.

Smartphone yang hadir dengan bentang layar HD berukuran 4.7 inci itu menawarkan resolusi 720p, diotaki dengan prosesor Snapdragon 400 besutan Qualcomm, smartphone rancangan Intex ini juga hadir dengan RAM 1GB serta media penyimpanan internal berkapasitas 7GB. Pengguna bisa menambahkan kapasitas memori hingga 32GB melalui slot microSD yang tersedia.

Info Menarik: Susul Nokia N1, Jolla Tablet Dengan Sailfish OS Resmi Diperkenalkan

Mirip dengan smartphone yang ada dipasaran saat ini, smartphone Aqua Fish ini juga hadir dengan kamera 8 megapiksel di bagian belakang dan kamera 2 megapiksel di bagian depan, menariknya smartphone ini juga dijejali dengan kemampuan koneksi 4G LTE. Aqua Fish juga dilengkapi WiFi dan bluetooth serta fitur GPS/AGPS sebagai kemampuan tambahan untuk dijadikan perangkat navigasi bagi penggunanya. Untuk proses pengoperasian sehari-harinya, smartphone ini mengandalkan catu dayanya pada baterai dengan kapasitas 2.300 mAh.

Dengan spesifikasi seperti di atas, sepertinya smartphone Aqua Fish besutan Intex ini memang dihadirkan untuk menyasar kelas low-end, karena itu smartphone ini kabarnya akan dipasarkan dengan harga Rs 15.000 atau setara dengan US$ 236 untuk tiap unitnya, dan baru akan disebarkan di pasar India pada bulan September mendatang.

Info Menarik: Projector Ini Jalankan OS Android dan Memiliki Koneksi LTE

Sailfish OS sendiri merupakan platfrom mobile yang dikembangkan berdasarkan MeeGo dan mendukung aplikasi Android. Sailfish OS yang pernah diperkenalkan tahun 2012 lalu ini juga telah mengusung konsep antarmuka yang mirip dengan beberapa konsep antarmuka lainnya seperti Swipe UI yang digunakan oleh MeeGo dan konsep gestur yang terdapat pada Blackberry 10.

Dengan tampilan grid card yang terpampang pada layar utamanya, platfrom ini juga memiliki kesamaan dengan tampilan live tile milik Windows Phone atau konsep widget yang dimiliki Android.    `

Sumber dan Gambar Header: GizBot.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter