1. DScovery

8 Aplikasi Investasi Emas Online Terpercaya untuk Pemula

Kumpulan rekomendasi aplikasi untuk menabung emas online yang sudah terdaftar OJK dan BAPPEBTI.

Sebelumnya, kita telah membahas cara mudah melakukan investasi emas dengan aman. Nah, sekarang, kami akan berikan rekomendasi aplikasi untuk investasi emas secara online yang kredibel dengan fitur-fitur terbaik.

Tenang, aplikasi-aplikasi ini telah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan layanan investasi emas online sehingga legalitasnya sudah jelas. Penasaran siapa saja mereka? Ini daftarnya.

Brankas LM

Sumber: Brankas LM

Yang pertama yaitu aplikasi dari Antam untuk investasi emas secara online. Seperti yang kita tahu, Antam merupakan produsen emas dari pemerintah yang sangat kredibel. Ia memiliki sertifikat London Bullion Market Association (LBMA) sehingga kamu bisa menjual emas yang kamu miliki di pasar dunia.

Untuk membuka rekening, kamu harus mendatangi salah satu butik Antam terdekat. Brankas LM memberlakukan biaya administrasi sesuai tipe keanggotaan sehingga kamu memiliki banyak pilihan. Cek selengkapnya di table berikut.

Sumber: Channel YouTube d'gold father

Pegadaian Digital

Suumber: Pegadaian Digital

Pegadaian Digital disebut-sebut sebagai pelopor metode menabung emas online. Jika kamu belum pernah menggunakan jasa Pegadaian, mungkin kamu belum berpengalaman menabung emas di sini. Tapi, jangan khawatir, di Pegadaian Digital, kamu bisa menerapkan investasi emas secara online dengan murah.

Pasalnya, kamu tidak akan dikenai biaya pembukaan rekening dan biaya penitipan emas di tahun pertama atau sebesar Rp 0. Sedangkan, untuk membuka rekening, kamu hanya perlu menyetor Rp 50.000 untuk mengisi saldo awal.

Indogold

Sumber: indogold.id (Instagram)

Indogold di bawah PT Indogold Solusi Gadai merupakan perusahaan yang sudah lama berkiprah di industri investasi sejak 1978. Indogold juga memiliki aplikasi online untuk investasi emas mulai dari Rp 10.000 saja dengan tanpa biaya administrasi.

Indogold sendiri memberikan opsi pencairan tunai emas atau pencetakan emas murni hasil produksi Antam atau UBS. Indogold sendiri juga terafiliasi dengan marketplace dan dompet digital seperti Bukalapak, DANA, OVO, Gopay, Link Aja, dan sejenisnya.

Pluang

Sumber: CNBC Indonesia

Pluang adalah aplikasi online untuk investasi emas di bawah PG Berjangka. PG Berjangka sendiri telah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Saat ini, Pluang gencar melakukan branding untuk menggaet anak muda memulai investasi.

Di Pluang, kamu hanya perlu menyiapkan Rp 5.000 saja untuk mulai menabung emas dan bebas biaya tambahan. Pluang sendiri juga bekerja sama dengan produk marketplace seperti Tokopedia Emas dan Go Investasi untuk memperluas layanannya.

Tokopedia Emas dan Tabungan Emas Shopee

Sumber: LINE Today

Untuk memperluas layanannya, Pegadaian melakukan kerja sama dengan berbagai marketplace yaitu Tokopedia dan Shopee. Di Tokopedia, kamu hanya perlu melakukan top-up mulai Rp 5.000. Sedangkan di Shopee, kamu bisa membeli dengan harga jauh lebih murah yaitu Rp 500 saja.

Harga beli tersebut akan disetarakan dengan besaran gram emas. Setelah membeli, emas yang kamu miliki akan disimpan dalam sistem Pegadaian yang juga bisa dicairkan kapan saja.

BukaEmas

Sumber: BukaLapak

Menggaet marketplace untuk bekerja sama tidak hanya dilakukan Pegadaian, tetapi juga Indogold. BukaEmas yang merupakan produk Bukalapak adalah hasil kerja sama dengan Indogold.

Layanan ini bisa dibilang memiliki biaya top-up paling rendah yaitu Rp 100 untuk 0,0001 gram emas. BukaEmas juga memiliki fitur cetak emas yang bisa langsung dikirim ke alamatmu.

Go Investasi

Sumber: Gojek

Rekomendasi aplikasi investasi emas online terakhir adalah Go Investasi dari Gojek. Go Investasi sendiri dikelola oleh PG Berjangka, sehingga legalitasnya jelas. Selain lisensi dari BAPPEBTI dari PG Berjangka, Go Investasi juga telah mendapat lisensi syariah Digital Gold dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Di Go Investasi, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 8.464 saja untuk 0,01 gram emas. Untuk pencairan emas, kamu bisa menukar emas dengan tunai melalui Gopay atau pencetakan emas produksi Antam.

Itulah rekomendasi aplikasi digital terbaik untuk investasi emas secara online. investasi emas juga bisa dijadikan pilihan selain investasi reksadana yang banyak dijadikan pilihan bagi pemula. Selain legalitas, biaya pembelian, dan biaya administrasi, pastikan juga kamu mempertimbangkan fitur-fitur pendukung yang membuatmu nyaman bertransaksi. Selamat berinvestasi!

Sumber gambar header: Unsplash

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again