Digital Marketing

Involve Asia dan Ecomobi, Mana yang Lebih Baik untuk Platform Affiliate?

Saat ini ada berbagai macam platform yang berfokus pada program afiliasi atau affiliate marketing yang bisa Anda temukan, di antarnya adalah Involve Asia dan Ecomobi.

Kedua platform tersebut merupakan dua di antara berbagai macam platform yang menjadi wadah program afiliasi populer di negara-negara Asia termasuk Indonesia.

Dengan semakin banyaknya platform affiliate marketing di Indonesia, maka semakin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan keuntungan melalui program afiliasi yang ingin dijalankan.

Nah, untuk membantu Anda memilih platform program afiliasi yang sesuai bagi Anda, simak perbedaan kedua platform program afiliasi yang cukup populer di Indonesia saat ini, Involve Asia dan Ecomobi berikut ini.

Sekilas Tentang Invovle Asia dan Ecomobi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Involve Asia dan Ecomobi merupakan platform marketplace bagi para affiliator atau affiliate marketing.

Dimana platform tersebut mempertemukan antara advertiser atau pihak pengiklan dan publisher atau pihak perantara dalam hal ini adalah para affiliator.

Itu berarti, platform marketplace tersebut bukan hanya menjadi wadah bagi para affiliator namun juga para pemilik usaha atau brand owner untuk mengiklankan produknya.

Umumnya, cara kerja marketplace ini adalah mewadahi para advertiser untuk beriklan kemudian para affiliator memiliki advertiser tersebut.

Biasanya para affiliator memilih berdasarkan kesesuaian brand identity, kesukaan, tawaran komisi, hingga kredibilitas advertiser.

Sebelum lebih jauh mengenal perbedaan antara Involve Asia dan Ecomobi, mari simak masing-masing profil dari kedua platform marketplace tersebut.

Involve Asia

Involve Asia merupakan platform marketplace bagi para affiliator yang telah beroperasi sejak tahun 2014 dan didirikan oleh Jimmy How.

Perusahaan yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia ini telah mewadahi beberapa e-commerce marketplace yang ada di Asia Tenggara seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, hingga Zalora.

Tidak sedikit juga Involve Asia merambah segmen non-platformer dan langsung mewadahi brand secara langsung. Misalnya, Nike, Domino Pizza, bahkan maskapai penerbangan.

Saat ini, Involve Asia tersebar di beberapa negara Asia Tenggara lainnya seperti Vietnam, Singapura, Filipina, Thailand, bahkan Indonesia.

Ecomobi

Setahun lebih muda dibanding Involve Asia, Ecomobi merupakan platformer bagi para affiliate marketing yang didirikan pada tahun 2015 oleh Truong Chong Thanh.

Sama seperti platformer lainnya, Ecomobi juga mewadahi beberapa e-commerce marketplace seperti Shopee, Lazada, bahkan produk muslim seperti Hijabenka.

Hingga saat ini, perusahaan asal Vietnam tersebut memiliki cabang-cabang di negara Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Perbedaan Involve Asia dan Ecomobi

Setiap social selling platform atau affiliate platform memiliki perbedaan dan keunggulannya masing-masing begitu juga dengan Involve Asia dan Ecomobi. 

Berikut ini adalah perbedaan keduanya dari segi penarikan komisi, keanggotaan, dan juga fitur dashboard.

1. Batas Penarikan Komisi

Perbedaan yang paling mencolok antara kedua platform affiliate tersebut adalah dari segi jumlah batas penarikan komisi.

Tidak semata-mata Anda mendapatkan keuntungan kemudian bisa ditarik penghasilannya, tiap platform memiliki batas jumlah penarikan komisi.

Pada Involve Asia batas pendapatan awal yang bisa ditarik atau dicairkan adalah apabila komisii Anda telah mencapai 80 MYR (Malaysia Ringgit) atau jika dirupiahkan sekitar Rp274.000.

Sedangkan pada Ecomobi, jumlah komisi bisa diambil apabila pemabayaran telah mencapai 500.000 VND (Vietnam Dong) atau jika dirupiahkan per Juanuari 2022 sekitar Rp316.474.

Perbedaan lainnya adalah saat proses penarikan, Involve Asia menetapkan biaya transfer di awal penarikan. Sedangkan pada Ecomobi tidak dikenakan biaya transfer di awal penarikan.

2. Keanggotaan Program Loyalty

Baik Involve Asia maupun Ecomobi masing-masing memiliki program keanggotaan atau loyalty yang dibagi ke beberapa lapisan.

Involve Asia memiliki tiga lapisan keanggotaan program loyalty. Dimulai dari silver, gold, platinum dan yang tertinggi adalah black.

Pada pendaftaran pertama, jenis keanggotaan Anda secara otomatis terhitung sebagai anggota silver.

Untuk naik dari silver ke gold, Anda membutuhkan Rp100.000.000 komisi atau mengumpulkan 15 poin yang dihitung berdasarkan jumlah konversi dan skor kualitas offering.

Sedangkan Ecomobi memiliki program loyalty yang kurang lebih sama. Dimulai dari silver, gold, platinum, dan tertinggi adalah diamond.

Berbeda dengan Involve Asia, jumlah komisi yang dibutuhkan terbilang cukup rendah yaitu mencapai Rp10.000.000.

Melalui keanggotaan, Anda juga bisa mendapatkan bonus komisi. Ecomobi memiliki bonus komisi mulai dari 5% hingga 15%. Sedangkan Involve Asia memiliki bonus komisi mulai dari 5% hingga 8%.

Meski begitu, Involve Asia memiliki penawaran yang komprehensif yaitu terdapat potongan untuk express withdrawal yaitu penarikan langsung ke rekening bank pengguna.

3. Fitur dan Dashboard

Perbedaan selanjutnya antara Ecomobi dan Involve Asia adalah dari segi dashboard dan fitur. Namun, kurang lebih di antara keduanya memiliki fungsi dashboard yang sama.

Keduanya memiliki fungsi laporan performa, laporan komisi dari publisher, hingga  jumlah komisi yang masuk dan belum diterima. Keduanya juga sama-sama memiliki fitur pembuatan link affiliator, data feed, dan juga replace link.

Namun ada sedikit perbedaan dari sisi affiliate marketing tools. Perbedaan yang paling signifikan adalah Ecomobi memiliki fitur chatbox dan parkir domain. Selain itu Ecomobi juga menawarkan paket profesional berupa integrasi dengan CRM, API, dan ERP.

Involve Asia dan Ecomobi, Pilih Mana?

Kedua social selling platform tersebut memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda sesuaikan dengan skala branding yang Anda punya.

Bagi Anda yang sudah memiliki brand dan dikelola secara profesional, Ecomobi merupakan pilihan yang tepat.

Namun bagi Anda yang baru memasuki program affiliate marketing, Involve Asia bisa menjadi pilihan karena mudah dipelajari. Namun, saran tersebut tidak baku. Anda bisa memilih keduanya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter