12 September 2017

by Glenn Kaonang

Ion360 U Adalah Battery Case Sekaligus Kamera 360 Derajat untuk iPhone 7 dan Galaxy S8

Siap merekam video 360 derajat dalam resolusi 4K dan menyiarkannya secara langsung ke YouTube atau Facebook

Kamera 360 derajat ada banyak macamnya. Salah satu yang paling populer adalah besutan Insta360, yang dapat beroperasi secara mandiri maupun dipasangkan ke smartphone. Kesinambungan kamera dengan smartphone memungkinkan pengguna untuk merekam video 360 derajat sekaligus menyiarkan hasilnya secara langsung ke media sosial.

Kini ada perangkat lain yang menawarkan premis serupa, hanya saja dalam wujud perpaduan battery case dan kamera. Namanya Ion360 U, dan ia kompatibel dengan Galaxy S8/S8+ dan iPhone 7/7 Plus. Casing dan kameranya terpisah, sehingga pengguna dapat menyimpan kameranya ketika tidak dibutuhkan.

Ion360 U dibekali sepasang kamera dengan lensa bersudut pandang masing-masing seluas 200 derajat. Berkat proses stitching otomatis, kamera dapat menghasilkan foto maupun video 360 derajat dalam resolusi 7,4 megapixel dan 4K 30 fps. Semua foto dan video akan disimpan ke memory ponsel, dan opsi live streaming ke YouTube atau Facebook pun juga tersedia.

Pengembangnya bilang kalau aplikasi pendampingnya akan otomatis dibuka setiap kali pengguna memasangkan unit kameranya. Casing-nya sendiri mengemas baterai berkapasitas 1.300 mAh yang menjadi sumber tenaga dari unit kamera tersebut.

Secara keseluruhan, konsep yang ditawarkan Ion360 U terbilang menarik. Kendati demikian, banderol harga $300 menurut saya membuatnya sulit bersaing dengan kamera terbaru Insta360 yang juga dihargai sama persis dan lebih versatile di atas kertas – minus kemampuan untuk mengecas ponsel tentunya.