iOS 12.2 Bakal Dilengkapi Fitur Downtime, Bantu Pengguna Lepas dari Ponselnya di Waktu-Waktu Tertentu

iOS 12.2 Bakal Dilengkapi Fitur Downtime, Bantu Pengguna Lepas dari Ponselnya di Waktu-Waktu Tertentu

Tetap memerlukan komitmen yang kuat dari masing-masing pengguna agar bisa efektif
Pengaturan fitur Downtime pada iOS 12.2 beta / 9to5Mac
Pengaturan fitur Downtime pada iOS 12.2 beta / 9to5Mac

Ironis adalah ketika smartphone terus bertambah canggih dan esensial perannya dalam keseharian kita, tapi di saat yang sama pabrikan harus merancang fitur untuk membantu membatasi waktu penggunaan. Kalau merujuk pada pemikiran Google, prinsip ini mereka juluki dengan istilah “Digital Wellbeing”.

Namun Google bukan satu-satunya perusahaan teknologi yang mengamini prinsip ini. Contoh lainnya adalah Apple, yang membekali iOS 12 dengan fitur bernama Screen Time, supaya pengguna dapat memantau waktu pemakaiannya dan mengevaluasinya sendiri.

Pada update iOS 12.2 nanti, Screen Time malah akan semakin disempurnakan lagi berkat fitur bernama Downtime. Downtime bisa diibaratkan sebagai Do Not Disturb, tapi lebih dari sekadar untuk memblokir notifikasi yang masuk saja.

Sesuai namanya, Downtime dimaksudkan supaya perangkat hampir tidak dapat digunakan pada waktu tertentu yang telah ditetapkan oleh pengguna. Saya bilang hampir karena pengguna dibebaskan memilih aplikasi apa saja yang masih bisa digunakan selama Downtime aktif, dan panggilan telepon juga masih bisa masuk sepanjang durasi tersebut.

Downtime juga dapat diaktifkan pada waktu yang berbeda untuk hari yang berbeda. Idealnya mungkin pengguna akan menetapkan waktu Downtime yang lebih lama di akhir pekan ketimbang di hari kerja dengan maksud supaya mereka bisa menghabiskan waktu lebih lama berkumpul dengan keluarga maupun orang-orang terdekatnya.

Detail kecil lain yang cukup menarik adalah, Downtime rupanya tersinkronisasi antar perangkat yang terhubung ke satu akun iCloud yang sama. Jadi ketika iPhone memasuki masa Downtime (akan ada notifikasi yang muncul 5 menit sebelumnya), bukan berarti Anda bisa khilaf dan beralih ke iPad selagi mangkir dari acara kumpul-kumpul di akhir pekan.

Perlu dicatat, iOS 12.2 sendiri statusnya saat ini masih beta, sehingga ada kemungkinan fitur ini bisa berubah ke depannya. Saya pribadi berpikir fitur ini tidak akan berguna tanpa ada komitmen dari tiap-tiap pengguna, sebab kalau pilihan aplikasi yang masih bisa digunakan selama Downtime aktif adalah Instagram atau browser, hasil akhirnya sama saja bohong.

Sumber: 9to5Mac.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…