Categories

Internet

iOS 8 Akhirnya Resmi Diperkenalkan, Ini Dia Fitur-Fitur Barunya

Bambang Winarso - 3 June 2014

Bersamaan dengan perkenalan OS X 10.10 Yosemite di ajang WWDC 2014 Apple juga memperkenalkan sistem operasi terbaru mereka untuk platform mobile, iOS 8.

Kehadiran iOS 8 merupakan hal penting kedua setelah Yosemite yang diumumkan, meski beberapa rumor telah muncul namun reputasi Apple yang terkenal ketat dan pandai menyimpan rahasia selalu sukses menghadirkan kejutan-kejutan lain yang tak terendus oleh media dan pengamat.

Apple sendiri mengklaim iOS 8 sebagai sistem operasi paling mutakhir yang pernah ada, sejumlah fitur ditanamkan guna memanjakan pengguna sekaligus pengembang. Yuk, kita coba lihat apa saja fitur-fitur yang diboyong oleh iOS 8 sehingga pantas menyandang klaim tersebut.

 

Info Menarik: Samsung Resmi Umumkan Smartphone Berbasis Tizen Pertamanya, Samsung Z

 

Fitur pertama yang dihadirkan adalah integrasi iCloud Photo Library yang secara otomatis melakukan sinkronisasi saat pengguna mengambil foto melalui iPhone, kemudian foto-fot tersebut nantinya dapat diakses dari perangkat lainnya.

Selain foto, iOS 8 juga terintegrasi dengan iCloud Drive yang menawarkan kemudahan akses dokumen Office yang tersimpan di layanan iCloud tanpa terbatas tempat, bahkan termasuk perangkat Mac dan PC.

Selanjutnya terdapat pengayaan pada fitur pesan yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan pesan suara ke percakapan pesan singkat. Di bagian ini Apple juga membuat proses pengiriman video menjadi lebih mudah bahkan saat kejadian sedang berlangsung.

Fitur Family Sharing terlihat menarik dan nyatanya berhasil menyedot perhatian banyak orang karena fitur ini memudahkan anggota keluarga yang terdiri dari maksimal 6 orang untuk berbagi item pembelian baik via iTunes, iBooks maupun App Store. Artinya, kapanpun salah satu anggota keluarga membeli produk baik itu berupa film, lagu dan aplikasi maka 5 anggota keluarga lainnya dapat mengakses item tersebut.

Seperti yang telah diprediksikan oleh sebagian besar pengamat, Apple memang menanamkan sejumlah fitur pendukung kesehatan (Health) di iOS 8. Kemampuan atau fitur ini dengan cerdas dan akurat memberikan informasi-informasi kesehatan pengguna misalnya detak jantung, pelacak kegiatan, pencatat kalori, pola tidur, kolesterol dan gula darah yang ke semuanya dapat menjadi informasi penting bagi petugas kesehatan untuk memantau sejarah kesehatan pasien pengguna iPhone.

 

Info Menarik: Moto X+1 Akan Hadir Akhir Bulan September?

 

Kemudahan integrasi menjadi salah satu fokus pekerjaan yang dilakukan oleh Apple, tak heran jika di iOS 8 ini Apple menghadirkan sistem yang memungkinkan iPhone, iPad dan Mac terhubung secara langsung. Alhasil, pengguna makin dimanjakan dengan kemudahan akses email yang sama dari perangkat berbeda. Atau melakukan dan menerima panggilan dari iPad atau Mac sebagaimana mengirim pesan singkat dari perangkat tersebut.

Sementara khusus untuk pengembang, Apple menghadirkan banyak fitur yang juga tak kalah menarik dan semakin memanjakan. Di mana kini pengembang diberikan akses penuh untuk menggunakan tool-tool seperti Touch ID, PhotoKit, Camera API, HealthKit, HomeKit dan CloudKit yang ke semuanya akan memberikan kesempatan bagi pengembang untuk melahirkan aplikasi inovatif baru.

Versi beta iOS 8 sudah dapat diakses pada hari ini bagi peserta WWDC, sementara untuk pengguna lain baru bisa menikmati versi final antara September hingga Desember 2014 mendatang. Perangkat iPhone 4s dan dan iPad 2 ke atas dipastikan dapat menggunakan sistem operasi ini, untuk melihat fitur lengkap iOS 8 dan perangkat yang mendukung bisa ke tautan ini.

Sumber berita Apple dan TheVerge.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter