Categories

Internet

iOS 9 Resmi Dirilis dan 7 Fitur Baru yang Wajib Anda Ketahui

Aditya Daniel - 17 September 2015

iOS 9 sudah resmi diluncurkan. Kini Anda bisa menikmati iOS teranyar tersebut di perangkat iOS kesayangan. Berfokus pada peningkatan performa, stabilitas dan perbaikan bug lantas tak membuat iOS 9 nihil fitur. Ini dia 7 fitur iOS 9 yang wajib Anda ketahui:

Low Power Mode

Sesuai namanya, fitur ini hadir pada iOS 9 untuk menghemat daya pada perangkat iOS. Dengan mengaktifkan Low Power Mode, Anda bisa mendapatkan waktu penggunaan lebih lama. iOS akan menonaktifkan animasi yang tidak diperlukan, meminimalkan background refresh, fetching email dan download otomatis. Anda bisa mengaktifkan fitur ini melalui Settings > Battery > Low Power Mode.

Safari App: Content Blockers

Content Blockers merupakan salah satu fitur yang cukup kontroversial yang hadir di iOS 9. Content Blockers nantinya dapat membantu Anda mempercepat loading sebuah halaman web dengan memblokir iklan, javascript serta beragam tracker yang digunakan oleh pemilik website untuk melacak setiap pengunjung situsnya.

Selain mempercepat loading sebuah halaman web, Content Blockers juga mampu menghemat kuota karena Safari hanya memuat konten website yang penting. Anda bisa mengaktifkan fitur ini melalui Settings > Safari > Content Blockers.

Info Menarik:Siri, Semakin Pintar dan Kini Hadir di Setiap Perangkat Apple

Split View dan Slide Over pada iPad

Kedua fitur multitasking ini hadir secara eksklusif untuk perangkat iPad. Split View memungkinkan dua aplikasi berjalan berdampingan secara bersamaan sedangkan Slide Over memungkinkan sebuah aplikasi lain diakses di atas sebuah aplikasi yang sedang berjalan. Kedua fitur ini memungkinkan pengguna iPad untuk dapat melakukan multitasking dengan beberapa aplikasi.

Proactive Siri

Diumumkan pada ajang WWDC 2015 yang lalu, Siri yang merupakan asisten pribadi virtual pada iOS menjadi semakin pintar. Pada iOS 9, Siri semakin pintar dan dapat memprediksi apa yang sedang dibutuhkan oleh penggunanya. Selain semakin pintar, tampilan Siri pada iOS 9 juga mengalami perubahan menjadi mirip dengan tampilannya di Apple Watch.

Notes app yang semakin canggih

Notes merupakan aplikasi pembuat catatan default dari Apple pada iOS dan pada iOS 9, Notes menjadi semakin canggih. Jika pada iOS sebelumnya fitur formatting teks pada Notes sebatas Bold, Italic dan Underline, kini pada iOS 9 Anda bisa membuat checklist, menyisipkan foto, hingga menggambar dalam Notes.

Bitcode, App Thinning dan On-Demand Resources

Meski tak tampak secara visual namun ketiga fitur ini mampu membuat ruang penyimpanan perangkat iOS Anda semakin lega di iOS 9. Pada dasarnya ketiga aplikasi ini memungkinkan para pengguna untuk mengunduh semua komponen aplikasi hanya saat dibutuhkan saja. Jika sebuah komponen aplikasi sudah tak lagi dibutuhkan, iOS akan secara pintar membersihkannya untuk memberi ruang yang lebih lega pada perangkat.

Info Menarik: Apple Watch Kini Hadir dalam Sentuhan Mewah Hermes dan Disertai OS Baru

Apple Maps dengan Petunjuk Transit

Apple Maps tak ketinggalan mendapat update pada iOS 9. Fitur petunjuk transit pada iOS 9 ini akan memudahkan pengguna untuk mengetahui rute bus, kereta api, dan moda transportasi umum lainnya. Selain itu, pada Apple Maps kini juga dilengkapi dengan estimasi waktu tempuh serta petunjuk yang lebih rinci untuk mencapai sebuah tempat yang dituju.

Selain 7 fitur di atas masih banyak fitur lain di iOS 9 yang memanjakan pengguna dalam menggunakan perangkat iOS. Sudahkah meng-update perangkat iOS Anda? Jika sudah, apa fitur favorit Anda? Sampaikan di kolom komentar ya!

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter