22 March 2016

by Bambang Winarso

iPad Pro 9,7 Inci, Kecil Tapi Tetap Bertenaga

Apple resmi memperkenalkan iPad Pro baru yang lebih ringkas

Selain secara resmi memperkenalkan smartphone terbarunya, iPhone SE. Apple juga memberikan kejutan istimewa berupa iPad Pro varian baru yang lebih mungil namun dengan kemampuan sehebat versi aslinya.

Yap, iPad Pro merupakan tablet paling gahar tapi bertampang keren yang pernah diluncurkan oleh Apple. Mempunyai layar yang super jernih, mendukung Smart Keyboard dan juga kemampuan multi tasking yang jempolan. Ia bahkan mendukung editing video 4K layaknya sebuah desktop. Tetapi, iPad Pro punya satu kelemahan, yaitu ukurannya yang terlalu besar. Dan akhirnya, keinginan banyak orang akan iPad Pro yang lebih mungil terwujud. Apple resmi memperkenalkan iPad Pro baru berlayar 9,7 inci, yang merupakan gabungan komponen dari iPad Pro 12,9 inci tapi kali ini dalam wujud yang lebih ringkas.

Layar

Bermodalkan layar yang lebih mungil, yakni 9,7 inci, iPad Pro terbaru otomatis mempunyai bobot yang juga lebih ringan. Tampilan tablet bila dilihat dari luar, masih menggoda dan mempesona dengan kontruksi aluminium, sederet speaker dan juga pemindai sidik jari yang ditanamkan di tombol Home. Semua itu menjadi tambahan di samping layar Retina beresolusi 2048 x 1536 piksel yang masih menawarkan kualitas visual terbaik di kelasnya. Apple juga membenamkan teknologi True Tone yang membuat layar iPad Pro dapat menyesuaikan diri dengan pencahayaan.

Performa

Dalaman iPad Pro dihuni oleh prosesor Apple A9X yang merupakan model chipset paling mutakhir yang dipunyai sang pabrikan. Prosesor ini tak bekerja sendirian, karena seperti konfigurasi versi 12,9 inci, Apple juga membenamkan coprosesor M9 di tablet barunya ini. Belum diketahui berapa kapasitas RAM yang dibenamkan, namun tiga pilihan kapasitas memori bakal dilepaskan, 32GB, 128GB dan 256GB, masing-masing untuk varian WiFi dan seluler.

Kamera

Layar boleh disunat, toh itu bukan sebuah keputusan yang buruk. Tapi menariknya, Apple juga meningkatkan resolusi kamera iPad Pro baru ini dengan resolusi 12MP berbanding 8MP. Di depan juga terdapat peningkatan, dari 1,2MP menjadi 5MP. Seperti pendahulunya, kamera utamanya ini juga dipersenjatai sederet fitur-fitur mutakhir di antaranya; Live Photos, Autofocus with Focus Pixels, True Tone flash, Panorama (up to 63 megapixels), Auto HDR for photos, Exposure control, Burst mode, Timer mode dan ƒ/2.2 aperture.

Software

Tak sulit untuk menerka sistem operasi apa yang bakal diboyong oleh iPad Pro 9,7 inci terbaru ini. Yap, Apple menjatuhkan pilihan pada iOS 9.3 yang tampaknya sudah lepas dari fase beta.

Harga dan Ketersediaan

iPad Pro 9,7 inci ini bakal memasuki fase pre-order pada tanggal 24 Maret dan tersedia di toko pada 31 Maret. Harganya akan tergantung pada model dan kapasitas memori yang dipilih, berikut detail selengkapnya:

Model WiFi

  • 32GB: $599
  • 128GB: 749
  • 256GB: 899

Model WiFi + Seluler

  • 32GB: $729
  • 128GB: 879
  • 256GB: 1029

Sumber berita Apple.