Ipapa merupakan sebuah portal online yang menyediakan listing ruang kantor dengan berbagai jenis untuk disewa. Mulai dari ruangan di gedung bertingkat, co-working space, hingga area perumahan untuk bekerja tersedia datanya di sini. Masih baru, layanan Ipapa kini baru mencakup wilayah Jakarta dan beberapa wilayah strategis bisnis di sekitarnya. Selain kantor fisik untuk menetap dalam jangka waktu lama, pengguna juga dapat menemukan solusi untuk virtual office.

Selain menyediakan data listing tempat untuk bekerja, Ipapa juga menyediakan layanan konsultasi desain interior untuk pemiliah ruang kerja yang lebih apik. Saat ini basis data Ipapa telah menampung ratusan data tempat untuk bekerja, dari gedung pencakar langit hingga model kantor sederhana di perumahan. Bisnis properti di Indonesia yang bertumbuh diklaim memberikan dampak baik kepada cakupan data Ipapa yang terus bertumbuh.

Konsep search engine diusung untuk memudahkan pengguna menemukan bangunan kantor yang diinginkan

User experiences Ipapa mengusung model ala search engine. Ketika pengguna mengunjungi website, tampilan utama yang ditampilkan adalah sebuah kolom pencarian. Di halaman muka pengguna juga dapat mendapatkan informasi terkini terkait dengan data populer, meliputi data bangunan kantor, ruko ataupun lahan yang dapat disewa atau dibeli.

Untuk mendapatkan sebuah informasi bangunan atau lahan perkantoran yang tersedia, pengguna dapat mengetikkan langsung lokasi (nama kota atau tempat tertentu) atau nama gedung. Hasil pencarian akan ditampilkan ke dalam dua jenis representasi, yaitu daftar data tabel dan POI (Point of Interest) dalam sebuah peta digital. Di setiap data hasil pencarian akan terdapat resume singkat tentang lokasi, harga sewa dan ketersediaan.

Selain resume singkat juga terdapat dua tombol, yakni Detail untuk melihat detil bangunan dan juga tombol Call. Bagi pengguna desktop tombol Call kurang berfungsi kecuali mereka memiliki aplikasi Messenger yang mendukung konektivitas PBX ala Skype. Sedangkan untuk pengguna aplikasi dapat langsung menghubungi kontak terkait.

Untuk melihat luas ruangan yang tersedia, fasilitas dan layanan lain terdapat pada halaman detil setiap item. Saat ini data kontak semua masih dihubungkan ke Ipapa, kemungkinan karena sedang dalam fase pengumpulan data, karena situs listing seperti ini memang idealnya sebagai penghubung atau media publikasi antara pemilik gedung dan konsumen. Pengguna juga dapat menambahkan data gedung secara mandiri untuk turut dipublikasikan ke dalam Ipapa. Namun setiap konten yang masuk akan dimoderasi oleh admin untuk kebutuhan validasi.

Sistem pengelolaan profil pengguna belum tersedia dan tidak ada mekanisme single sign-on untuk memudahkan pengguna bergabung

Untuk melakukan interaksi kepada sistem, termasuk untuk melakukan submisi dan menandai gedung favorit, pengguna dapat mendaftarkan diri ke layanan. Sayangnya saat ini portal belum menyediakan dasboard khusus untuk pengelolaan profil pengguna. Kemudian juga belum ada sistem single sign-on via media sosial yang ditawarkan, pengguna harus mendaftarkan secara manual. Kendati demikian proses pendaftaran hanya memerlukan waktu yang cukup singkat, karena pengguna cuma perlu memasukkan email, kata sandi serta melakukan konfirmasi.

Selain layanan konsultasi, sebagai sistem monetisasi Ipapa juga mengusung layanan advertising. Dari setiap halaman detil konten terdapat slot untuk iklan, meskipun saat ini masih banyak yang kosong.  Platform e-building marketing and consultancy Ipapa juga telah didukung aplikasi mobile untuk platform iOS dan Android. Aplikasi tersebut memiliki representasi data yang sama dengan konten yang dimiliki pada web.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.