Categories

Gadget

Diklaim Sebagai yang Terbaik, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus Resmi Diperkenalkan

Bambang Winarso - 10 September 2015

Setelah menghiasi berbagai rumor selama beberapa bulan terakhir, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus akhirnya resmi diperkenalkan dalam event “Hey Siri” di San Fransisco (9/9/2015) waktu setempat.

Diklaim sebagai generasi “S” terbaik yang pernah ada, duo iPhone 6s memperoleh banyak sekali perubahan. Tim Cook mengatakan kedua jagoan barunya ini adalah model iPhone paling mutakhir yang pernah mereka buat.

Salah satu fitur yang paling ditonjolkan adalah penggunaan material aluminium 7000 Series yang membangun rangka iPhone 6s dan iPhone 6s Plus. Material yang diadopsi dari Apple Watch ini diharapkan dapat meminimalisir tudingan “mudah bengkok” yang kerap dimanfaatkan oleh pesaing atau tester untuk “mem-bully”. Dengan penggunaan material baru ini, duo iPhone 6s nyaris tanpa cela.

 

Mengulas layar, Apple masih mempertahankan ukuran layar di generasi sebelumnya, yakni 4,7 inci dan 5,5 inci untuk varian Plus. Perbedaannya, Apple mengatakan layar keduanya punya kekuatan yang lebih baik ketimbang pendahulunya. Dalam hal ini Apple lagi-lagi mengadopsi teknologi di Apple Watch.

Info Menarik:Apple Watch Kini Hadir dalam Sentuhan Mewah Hermes dan Disertai OS Baru

Soal kualitas visual, iPhone 6s mempunyai resolusi layar 1334 x 750 piksel yang menghasilkan kepadatan 326ppi. Sementara si bongsor punya resolusi 1920 x 1080 piksel dan kepadatan 401ppi. Perbedaan bobot keduanya 143 gram berbanding 192 gram.

Bukan cuma itu, layar di kedua iPhone 6s juga dihuni sejumlah teknologi baru yang memukau. Kita jumpai fitur yang dijuluki 3D Touch, yaitu fitur pintar yang dapat membedakan sentuhan dan tekanan di permukaan layar, lalu memberikan respon yang bertujuan membantu mempermudah navigasi di antara tumpukan menu.

Yang membuat 3D Touch lebih berkilau, ia ternyata tidak hanya bisa dijumpai di layar home, tapi juga di dalam aplikasi, ditopang oleh teknologi Taptic Engine dan sensor kapasitif yang terintegrasi ke dalam layar Retina perangkat.

Smartphone memperoleh bekal fotografi yang tak mengecewakan, sesuai harapan keduanya dibekali kamera belakang 12MP berteknologi iSight yang mampu merekam video 4K. Di bagian depan ada kamera FaceTime 5MP yang bisa diandalkan di cahaya minimum dengan adanya tambahan amunisi Retina Flash.

Info Menarik:Inilah Perubahan yang Dibawa Intel Skylake Pada Ultrabook Gaming ‘Siluman’ MSI

Soal sensor, Apple mengaku telah membuat peningkatan bagus dengan menggunakan fitur sensor sidik jari Touch ID generasi kedua yang diklaim dua kali lebih cepat ketimbang versi sebelumnya. Tapi kecepatan tak hanya ditemukan di komponen ini, kedua iPhone 6s juga punya daya gedor yang tak kalah cepat. Chip A9 ditunjuk untuk melahap tugas utama di dalam jantung perangkat, tak sendirian, ia ditemani oleh M9 sebagai co-prossecor.

Varian dan Ketersediaan

iPhone 6s dan iPhone 6s Plus tersedia dalam tiga varian berdasarkan kapasitas memori, 16GB, 64GB dan 128GB. Pilihan warnanya juga beragam, antara lain Silver, Gold, Space Gray dan Rose Gold.

Pre-ordernya sendiri akan dimulai pada 12 September 2015. Daftar negara yang akan dituju pertama kali antara lain Amerika, Kanada, Perancis, Jerman, Inggris, Australia, Tiongkok, Hong Kong, Singapura dan Jepang.

Sumber berita Apple.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter