Categories

Gadget

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Resmi Dirilis, Bawa Berbagai Peningkatan

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Dibedakan atas lebar layar dan kemampuan kamera utamanya, dan keduanya hadir tanpa headphone jack

Bambang Winarso - 8 September 2016

Seperti pada generasi sebelumnya, Apple akhirnya benar-benar memperkenalkan iPhone generasi terbaru di bulan yang sama, September. Dalam event akbar yang sebelumnya sudah dikonfirmasikan, Apple resmi mengumumkan duo iPhone 7 dan iPhone 7 Plus ke publik beserta sejumlah fitur yang jadi senjata pamungkasnya.

Layar 4,7 inci dan 5,5 Inci

Seperti di generasi iPhone 6, di juniornya kali ini Apple juga meracik iPhone dengan kombinasi ukuran yang berbeda. iPhone 7 mempunyai layar Retina dengan lebar 4,7 inci beresolusi 750x1334 piksel. Sementara varian Plus yang lebih senior punya layar lebih lebar, yakni 5,5 inci dengan resolusi 1080x1920 piksel. Bobot keduanya juga sudah barang tentu berbeda, yaitu 138 gram berbanding 188 gram.

Kendati resolusinya tak berubah dari seri terdahulu, kedua layar menawarkan panel yang 25% lebih cerah, yakni 625 nits di samping tambahan dukungan warna dan tentunya fitur 3D Touch.

Yang menarik dari iPhone 7, kini Apple membenamkan tombol home yang mendukung 3D Touch. Membuatnya jauh lebih sensitif terhadap tekanan dengan adanya teknologi Taptic Engine di bawah tombol.

iPhone generasi terbaru ini juga dibekali kemampuan anti-air dan anti-debu dengan sertifikasi IP67. Artinya, iPhone 7 bakal tahan cipratan dan rendaman air hingga kedalaman maksimal satu meter.

Dapur Pacu Baru

Selain melakukan peningkatan di sisi kualitas layar, Apple juga membenamkan dapur pacu generasi baru; A10 Fusion yang membawa empat buah inti prosesor dan 3.3 miliar transistor.

Keempat inti prosesor ini mendapatkan tugas yang berbeda, dua inti merupakan prosesor berkinerja tinggi, sementara dua lainnya lebih hemat daya. Prosesor yang diduetkan dengan M10 motioncoprocessor ini diklaim mempunyai kinerja grafis yang 50% lebih cepat ketimbang prosesor yang diadopsi oleh iPhone 6s Plus.

Kamera

Bukan Apple namanya jika tak mampu meracik kamera yang berkualitas tinggi untuk perangkat-perangkatnya. Di duo iPhone 7, Apple kembali membuktikan diri sebagai salah satu yang terbaik dalam hal jepretan kamera. Keduanya membawa sensor 12MP yang menawarkan fitur OIS dan juga aperture lebih lebar.

Secara umum fitur di kedua ponsel pintar ini sama, namun sebagai perangkat di kelas yang berbeda, Apple melakukan peningkatan khusus untuk varian iPhone 7 Plus. Di varian inilah Apple membuktikan tak kalah dengan LG. Seperti halnya G5 dan V20, iPhone 7 Plus dilengkapi konfigurasi kamera ganda. Satu kamera 12MP bertugas sebagaimana kamera standar dengan wide angle 28mm, sementara kamera 12MP lainnya dilengkapi lensa telephoto 56mm dengan 2x optical zoom. Dengan kombinasi ini, pemilik iPhone dapat mengabadikan foto sedekat mungkin tanpa mengorbankan kualitas.

Beralih ke kamera depan, iPhone 7 mempunyai spesifikasi yang tak kalah baik, dengan sensor 7 megapiksel yang juga dilengkapi stabilisator gambar yang juga diadopsi oleh kamera utamanya.

Dan seperti yang banyak diperbincangkan sebelumnya, iPhone 7 akhirnya benar-benar tiba tanpa headphone jack standar (tradisional), 3.5mm. Sebagai gantinya, Apple menyertakan adapter Lightning ke 3.5mm di dalam setiap kotak kemasan kedua iPhone 7.

Harga dan Ketersediaan

Duo iPhone 7 akan mulai memasuki fase pre-order pada tanggal 9 September di 28 negara potensial dengan banderol masing-masing mulai $649 dan $769. Harga ini dipatok untuk varian dengan kapasitas 32GB. Untuk kapasitas 128GB dan 256GB dikenai tambahan biaya sebesar $100. Jadwal pengapalannya sendiri dimulai pada tanggal 16 September dan akan digulirkan ke negara-negara lain.

Sumber berita Apple.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter